Ada Penyandang Disabilitas Bekerja di Perusahaan Besar Di Job Fair 2018

0
35

KEDIRI, SINAR POS – Pada Bursa Kerja Kabupaten Kediri kedua tahun 2018 ini antusias para pelamar kerja yang datang cukup banyak. Banyaknya pilihan pekerjaan menjadikan para pelamar dapat memilih yang sesuai dengan kompetensinya.

Ada satu stand yang sempat menyita perhatian saat berada di bursa kerja Job Fair 2018 ini, yaitu stand lowongan kerja yang dikhususkan untuk para penyandang disabilitas. Pada saat ini penyandang disabilitas selalu dipandang sebelah mata untuk urusan pekerjaan, sebenarnya dari kekurangan mereka terdapat kelebihan dan keunikan yang menonjol dari diri mereka.

Pada pengertiannya disabilitas adalah keterbatasan diri (disability) yang bersifat fisik, kognitif, mental, sensorik, emosional, atau pengembangan dari kombinasi tersebut. Oleh karenanya ruang gerak penyandang disabilitas pada sebuah pekerjaan sangatlah sulit. Nah dari situlah tim Dinas Kominfo menggali informasi stand kerjabilitas.com, dimana terpampang tulisan menyediakan lowongan pekerjaan untuk penyandang disabilitas.

Kerjabilitas.com menjembatani dan menyalurkan pekerjaan maupun bakat yang dimiliki para penyandang disabilitas kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa kerja mereka di bidang yang tepat.

Kerjabilitas.com adalah sebuah jaringan sosial karir yang menghubungkan penyandang disabilitas dengan penyedia kerja inklusif di Indonesia.

Kerjabilitas.com merupakan sistem informasi berbasis piranti lunak website dan seluler yang menjadi penghubung antara pencari kerja disabilitas dengan penyedia kerja. Dengan sistem informasi ini, penyandang disabilitas bisa menempatkan profil mereka sebagai pencari kerja dan mengakses informasi tentang kesempatan kerja yang tersedia untuk mereka.

Mekanismenya amatlah sederhana, yaitu para pelamar penyandang disabilitas melakukan registrasi, melengkapi profil, mengunggah CV dan foto. Setelah itu, pelamar bisa aktif mencari lowongan yang sesuai dan melamar secara online. Mereka akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan lewat akun email yang terdaftar setiap ada lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria pelamar. Selain itu, pelamar dapat mengundang teman sesama penyandang disabilitas untuk bergabung dalam jaringan sosial karir ini.

Jenis pekerjaan yang ada di Kerjabilitas.com sangat bervariatif dan ada banyak perusahaan besar dari seluruh Indonesia. “Saat ini Kerjabilitas telah menaungi lebih dari 7000 pelamar disabilitas dan 1200 perusahaan inklusif di Indonesia. Kami telah berdiri sejak tahun 2015 dan hingga detik ini kami membutuhkan dukungan para pemilik usaha untuk membuka kesempatan bagi para penyandang disabilitas,” kata Bebe sebagai Program Officer di Kerjabilitas.com saat ditemui pada bursa kerja di Convention Hall Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri, (6/12). (AD/KOM/KAB/AN-LH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here