Hotel Luminor Gagal Diresmikan Bupati Puluhan Pegawai Lama Demo

0
49

Jember – Bergantinya Hotel panorama yang berubah jadi Hotel Luminor serta management masih meninggalkan masalah dengan ex karyawan.Hal tersebut terlihat pada saat akan menggelar pembukaan yang akan diresmikan Bupati, namun karena puluhan ex karyawan Hotel yang lama belum mendapat pesangon akhirnya menggelar demo di depan Hotel.

Bupati yang sedianya akan meresmikan hotel yang masih satu pemilik ini akhirnya mengurungkan hadir dan memilih langsung menghadiri agenda yang lain di Jenggawah. Rabu 5/12/18.

Sejatinya ex karyawan hotel ini telah berkomunikasi dengan baik pada pihak management , namun tak ada niatan untuk menyelesaikan pesangon dengan ex karyawan sehingga sampai menggelar demo seperti ini.
Dalam mediasi tersebut tampak hadir, Kadisnaker Bambang , Lili, Yasin dan Zamrozi. Pemilik hotel Agus Sugianto, dan perwakilan ex karyawan yang diwakili Eko Sumarjo. disaksikan orang banyak termasuk petugas dari kepolisian , media dan pihak terkait yang bermasalah.

Kordinator demo , Eko mengatakan, sebenarnya aksi ini tak perlu terjadi seandainya pihak pemilik hotel berniat baik pada ex karyawan ini. Bahkan telah berapa kali komunikasi dan mediasi yang juga di hadiri Disnakertrans , namun tak menemukan solusi dan pihak management tak pernah hadir, akhirnya hingga terjadi aksi demo ini.” Terang Eko Sumarjo.

Lebih jauh mengatakan, kami hanya meminta hak kami yang telah sesuai undang undang no 13, sebagaimana hak para ex karyawan ini yang harus di penuhi oleh pihak management. Agar persoalan ini ada jalan keluar.” Tandasnya.


Masih lanjutnya, ketika dilakukan mediasi Agus Sugianto hanya menugaskan HRD saja, namun tak ada surat kuasa dan surat surat penting yang menyangkut persoalan ini sehingga cuma lisan saja yang di sampaikan dalam mediasi tersebut.” Imbuhnya.

Ditambahkan, bayangkan karyawan yang telah bekerja lama ada yang 16 tahun, 12, 10 dan 5 tahun , tak ada pesangon sama sekali. Padahal semua ini telah ada aturan dan undang undang yang mengatur tentang gak pekerja yang harus di terima oleh karyawan ini.’ Pungkasnya.
Pemilik Hotel Luminor Agus Sugianto membenarkan, bahwa pada saat mediasi pihaknya hanya menugaskan seorang HRD saja, dan tak membawa surat kuasa sama sekali dari management , sehingga hanya menyampaikan secara lisan saja.” pungkasnya.

Terpisah, Kadisnaker Trans, Bambang Edi Santoso mengatakan, sebenarnya pihak management tak memberhentikan atau PHK para karyawan tersebut, namun karena sekarang management baru dari Panorama berganti Luminor sehingga di sarankan membuat surat lamaran baru. inilah mulai muncul persoalan ini .” Tandas Bambang.

Masih lanjutnya, Bambang membenarkan saat mediasi pemilik hotel hanya menugaskan HRD,namun tak di sertakan surat kuasa dari pigsk management sehingga hanya menyampaikan secara lisan saja yang bersangkutan.” Pungkas Bambang.

Pantauan media ini saat di lokasi, akhirnya setelah mediasi berapa kali dan berjalan alot, para ex karyawan mendapat pesangon dari management. Bahkan aksi demo yang digelar sejak pagi akhirnya bubar setelah ada kepastian dari pihak Disnaker dan pemilik hotel Luminot tersebut.( Bas/ Rol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here