Musim Pancaroba Banyak Puskesmas Dan Polindes Tak Memiliki Ipal

0
194

Jember, Sinar Pos

Sangat ironis sekali , persoalan yang menyangkut kesehatan bagi masyarakat luas hingga tiba musim pancaroba ini masih saja belum tuntas.

Bahkan masih banyak puskesmas atau Polindes belum memiliki tepat untuk penampungan limbah baik itu limba cair maupun kering. Seperti instalasi pembuangan air limba dari Puskesmas atau Polindes.

Hal ini sangat penting sekali karena untuk mencegah terjadinya penularan penyakit berbahaya pada manusia.

Tak terkecuali , dengan kantor pusat kesehatan masyarakat/ Puskesmas dan Polindes yang tersebar di seluruh pelosok Jember, hingga saat ini masih banyak yang belum memiliki instalasi pembuangan air limba(Ipal). Padahal Ipal ini adalah salah satu syarat berdirinya Puskesmas atau Poli klinik desa (Polindes).

Ketua LSM Pasti, Sazali mengatakan, saya sangat kecewa sekali dengan pemerintah, dalam hal ini adalah PTSP yang hingga saat ini masih belum mengeluarkan ijin untuk Puskesmas atau Pustu. Padahal ini yang seharusnya telah menyiapkan Ipal untuk Puskesmas utama dan Pustu.Bahkan ini telah memasuki musim pancaroba yang biasanya banyak penyakit menular, semisal Malaria, Diare dan Muntaber dan lain sebagainya.” tandas Sazali.

Lebih jauh mengatakan, sekarang limba Puskesmas atau Pustu itu sangat berbahaya bagi kesehatan karena 3 B, bau, busuk dan basa. Itu sangat berbahaya sekali bagi lingkungan sekitar.Bahkan kalau persoalan ini tak segera di atasi maka justru akan banyak semakin menimbulkan penyakit baru.” ungkapnya.

Masih lanjutnya, saat ini telah tiba musim pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan , sehingga yang dihawatirkan akan banyak penyakit menular dan berbahaya karena disebabkan terjadinya sarang nyamuk yang menularkan penyakit semisal demam berdarah dan lainnya.” imbuh Sazali.

Ditambahkan, sementara ini tidak ada satupun Puskesmas atau Pustu maupun Polindes yang menjadi percontohan di Jember. sehingga ini dapat mengakibatkan banyaknya penyakit yang menular akibat dari tidak adanya Ipal tersebut.Bahkan ini harus segera di antisipasi oleh Dinas terkait.” pungkasnya.

Sementara terpisah , Kepala Dinas Kesehatan Jember, dr. Nurul Siti Qomariyah ketika di konfirmasi melalui pesan WA mengatakan, sudah ada Puskesmas memakai Ipal, bahkan dengan kelengkapannya.” terangnya.

Ketika di tanya PTSP belum mengeluarkan ijin IPAL sama sekali. Nurul menjawab via pesan Wa yang kedua kali Dinas Lingkungan Hidup( DLH) yang mengeluarkan IPAL.” Pungkasnya.
Pantauan media ini saat di lapangan, banyak menemukan Puskesmas maupun Polindes yang belum memiliki instalasi pembuangan air limba.( Ipal). Seperti Puskesmas Mangli, Pustu Kenanga, Jember Kidul dan lain sebagainya.

Ini sangat berbahaya sekali bagi kesehatan manusia. bahkan banyak Puskesmas, Polindes dan Pustu yang hanya menyiapkan tempat sampah dan selanjutnya hanya dibuang begitu saja.( Bas/ Rol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here