KAPOLRES BARU DI SAMBUT TRADISI PEDANG PORA

0
59

Banyuwangi, Sinar Pos

Kapolres Banyuwangi kini resmi berganti. Pejabat lama AKBP Donny Adityawarman, SIK .M.si digantikan pejabat baru AKBP Taufik HZ, SIK. SH. MH.

Usai serah terima, kapolres yang baru langsung disambut dengan tradisi pedang pora. Acara lepas sambut pejabat lama dan baru Kapolres Banyuwangi, berlangsung Selasa ( 13 /11/ 2018 ).

Tiba di halaman Mapolres Banyuwangi, pejabat lama AKBP Donny Adityawarman menyambut AKBP Taufik , dengan pengalungan dan pemberian buket bunga. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan acara prosesi pedang pora oleh para perwira pertama berpangkat Ipda dan Iptu, di pimpin komandan pedang pora Iptu Lipur.

Tradisi pedang pora pada acara penyambutan atau selamat datang kepada pejabat baru seperti kapolres, mengandung makna bagaimana perwira-wira lainnya akan senantiasa setia untuk memayungi dan mengawal pimpinan barunya selama pelaksanaan tugas. Demikian juga tradisi pedang pora pada pelepasan pimpinan lama dengan membentuk lingkaran pedang pora, bermakna tugas memanyungi dan mengawal pimpinan lama telah berakhir.

Usai memasuki gerbang pedang pora, AKBP Taufik , bersama Ketua Bhayangkari didampingi Waka Polres Kompol Oskar Samsudin , Disambut para Kepala Bagian (Kabag), Para Kepala Satuan Fungsi (Kasat Fung) dan para Kapolsek jajaran beserta bhayangkarinya dan seluruh personil Polres Banyuwangi. Pimpinan baru mereka disambut dengan Tarian Gandrung penyambutan Kapolres Banyuwangi, hingga ia memasuki ruang kerja kapolres.

“Mohon kerjasama semua pihak. Saya siap melanjutkan apa yang sudah dikerjakan bapak Donny” kata kapolres berdarah sunda asli ini, yang sebelumnya bertugas Di Polres Bondowoso.

Selanjutnya AKBP Taufik menuju ruang Rupatama Polres Banyuwangi untuk mengikuti laporan kesatuan, sekaligus melepas AKBP Donny Adityawarman, melalui prosesi payung pora. Taufik menyampaikan terima kasih kepada jajarannya setelah memimpin cukup baik di Bumi Blambangan, selama 11 Bulan. Selanjutnya dia didapuk sebagai Wakapolresta Sidoarjo jatim.(Haris).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here