TRADISI TAHUNAN REBU PUNGKASAN PANTAI CACALAN

0
19

Banyuwangi, SInar Pos

Rebu pungkasan yang di gelar para remaja dan karang taruna serta pokdarwis (kelompok sadar wisata) di lingkungan cacalan kelurahan klatak,kecamatan kalipuro,kabupaten banyuwangi berlangsung meriah di pantai cacalan,rabu(7/11).

upacara adat tumpengan rebu pungkasan di hadiri YUSUF WIDYATMOKO (wakil bupati),MY Bramayuda (kadispar),kasat pol pp,LANAL banyuwangi,forpimcam dan tokoh masyarakat,tokoh pemuda pemudi serta warga masyarakat banyuwangi khususnya warga cacalan.

Selamatan rebu pungkasan ini menyuguhkan sejumlah hiburan menarik seperti,tari gandrung,jaranan dan tari tarian tradisional khas blambangan.

M.reza selaku ketua karangtaruna dalam sambutanya mengatakan,terlaksananya kegiatan ini adalah hasil kreasi bersama para remaja yang tergabung dalam  karang taruna  dan pokdarwis.


“Kami berterimakasih kepada seluruh warga dan pemerintahan yang turut berpartisipasi di dalam kegiatan tahunan ini.kami juga berterimakasih kepada pemuda khususnya karang taruna dan pokdarwis serta sejumlah tokoh  yang telah turut dalam terlaksananya semua rangkaian kegiatan mulai dari persiapan hingga kegiatan puncak selamatan rebu pungkasan ini,”kata candra (lurah) di dampingi ketua panitia.
“Rebu pungkasan ini selamatan tolak balak.”imbuh candra.

“Ini bagian dari brending culture dengan rebu pungkasan  kedepanya akan kita kembangkan.karena di hari ini udah ada lima sampai enam tempat menggelar hal yang sama, kalau di lihat dari sisi bisnis dan marketing tidak tepat orang akan bingung milih yang mana saya kedepanya akan coba untuk merubah satu brending dengan khasan ikonya,”kata bramayuda.

yusuf mengatakan,ini kan hari rebu terakhir di bulan  safar,jadi kegiatan selamatan rebu pungkasan sebuah tradisi  yang bertujuan untuk tolak balak agar kedepanya selalu di berikan keselamatan,”katanya (Haris)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here