SELANGKAH LAGI, KAWASAN EKONOMI KHUSUS(KEK) SINGOSARI AKAN TEREALISASI

0
38

Malang, Sinar Pos

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singosari akhirnya disetujui oleh Dewan Nasional KEK.hal tersebut terungkap saat rapat bersama antara Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution,  Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Republik Indonesia, Sofyan Djalil dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Malang antara lain Plt Bupati Malang, HM Sanusi, yaitu Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Wahyu Hidayat, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Made Arya Wedanthara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tomi Herawanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Ir Romdhoni, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Purnadi, owner PT Intelegensia Graha Tama (IGT) , David santoso dan lainnya.senin kemarin (5/11).

“Alhamdulillah disetujui,” kata Made singkat saat dihubungi melalui WhatsApp, Senin (5/11) siang.

IGT adalah pengembang perumahan yang menyiapkan lahannya seluas 300 hektar itu untuk kawasan KEK. Kini Dewan Nasional KEK tinggal menunggu keputusan Presiden, karena hasil sidang itu akan diajukan kepada Presiden untuk diterbitkannya Keppres.

KEK Singosari ini adalah proyek prestisius bagi Pemerintah Kabupaten Malang karena diproyeksikan bisa meningkatkan perekonomian Kabupaten Malang dan sekitarnya serta Jawa Timur pada umumnya.

Sudah beberapa kali persidangan KEK Singosari yang lahannya telah riil disiapkan PT Intelegensia Graha Tama (IGT) seluas 300-an hektar ini dilaksanakan di Jakarta.

Begitu PP KEK Singosari diturunkan, akan dilangsungkan beberapa pengembangan dan pembangunan yang meliputi beberapa desa yang masuk dalam kawasan KEK Singosari. Mulai wisata agro, wisata kesehatan, pendirian technopark, serta pembangunan hotel.

Termasuk juga membangun kawasan IKM dan UKM serta kawasan sejarah, yang menjadi salah satu persyaratan untuk pengembangan KEK Singosari.  Dengan pengembangan tersebut diharapkan bisa menyerap tenaga kerja dengan jumlah banyak, dengan melibatkan masyarakat sekitar.diharapkan dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun ke depan, bisa menyerap sekitar 16.000 karyawan dari masyarakat sekitar.(Ham)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here