Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018

0
17

Wabup Serahkan 3 Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

Mojokerto, Sinar Pos

Tugas pemuda saat ini adalah sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. Demikian petikan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, yang dibacakan Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, saat memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018, Senin (29/10) pagi di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Mojokerto.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” baca wabup.

Tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan Pimpinan Nasional dan Daerah yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tingkat I dan DPRD Tingkat II. Melanjutkan sambutan, wabup berharap agar pemuda turut serta dalam menyukseskan hajatan bangsa tersebut.

“Peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas,” tambah wabup.

Dalam upacara ini wabup juga menyerahkan beberapa penghargaan antara lain Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional atas inovasi Gerakan Masyarakat Berantas Tuberkulosis (Gemar Bertasbi) UPT Puskesmas Bangsal. Selanjutnya penyerahan sertifikat kepada Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Mojokerto atas Sistem Managamen Mutu ISO 9001:2051 Periode 2018-2021 dari Badan Akreditasi Equal Asurance. Disusul penghargan Top 25 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Tingkat Provinsi Jawa Timur atas inovasi Gerakan Puskesmas Keliling Masyarakat Sehat (Gepuk Mas) UPT Puskesmas Ngoro. Terakhir, penghargaan Top 30 Otonomi Award dengan inovasi Budidaya Lele untuk Mengatasi Gizi Buruk (Bule Gazibu) UPT Puskesmas Puri.

Sebagai informasi, Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018 mengangkat tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.(Ifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here