Penyerahan Bantuan Program Gift of Sight 2018

0
11

Lakukan Skrining Mata kepada 3.842 Siswa

Program Gift of Sight 2018 yang merupakan bagian dari Global Service Framework Lions Clubs International, memberikan bantuan kacamata dan pemeriksaan mata gratis kepada siswa SD, SMP, dan SMA kurang mampu di Kabupaten Mojokerto. Penyerahan bantuan secara simbolis, diterimakan kepada Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, Sabtu (20/10) pagi di Pendopo Graha Majatama.

Ketua panitia program Gift of Sight, Agung Prasetya, dalam sambutannya menerangkan bahwa timnya telah melakukan program skrining mata kepada 3.842 siswa di 8 SMP di Kabupaten Mojokerto pada tanggal 3-10 Oktober 2018.

Bekerjasama dengan dinas terkait dan beberapa Puskesmas seperti Dawarblandong, Gondang, Jetis, Jatirejo, Ngoro, dan klinik mata Royal EDC Mojosari.

“Lions Club juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, untuk melakukan skrining mata kepada 3.842 siswa, 20 santri, dengan pemeriksaan Refraksionis Optisien (RO) kepada 422 siswa, 16 santri dan 25 guru. Ada 305 siswa yang dapat kacamata, 12 santri dan 15 guru. Ada yang tidak dapat kacamata sebanyak 117 siswa, 4 santri dan 10 guru karena belum sesuai ketentuan,” jabar Agung.

Wakil Gubernur Distrik 307B2 Lions Club Indonesia, Rupiarsih, mengatakan harapannya agar program ini bisa dilaksanakan secara kontinyu dan bisa memberi kontribusi lebih besar lagi.

“Kabupaten Mojokerto termasuk dalam 24 kabupaten yang mendapat bantuan dari program Gift of Sight. Sebetulnya jika memang membutuhkan, satu kabupaten bisa mendapat bantuan 5000 kacamata. Tentu program ini kita harapkan bisa memberikan kontribusi lebih besar di tahun-tahun mendatang,” kata Rupiarsih.

Wakil bupati Pungkasiadi, mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Lions Club International, dimana program ini sangat membantu anak-anak yang kini banyak menggunakan gadget.

“Saya pribadi mewakili Pemerintah Kabupaten Mojokerto, mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas bantuan program Gift of Sight. Terlebih anak-anak kini sangat dekat dengan gadget. Dampak radiasi yang ditimbulkan mungkin tidak langsung dirasakan ke mata, tapi lama-lama dapat merugikan. Program ini sangat bermanfaat,” tutur wabup.

Lions Clubs International sendiri adalah sebuah organisasi pengabdian masyrakat terbesar di dunia, yang berpusat di Illionis Chicago USA, dan mempunyai perwakilan tetap di PBB. Lions Club tersebar di 210 negara dengan total jumlah anggota sebanyak 1.5 juta orang.

Gift Of Sight 2018 secara lengkap merupakan bentuk kerjasama Lions Clubs International District 307B2 Indonesia, dengan Lions Club International District 308A1 Singapore dan Essilor Singapore.

Sasaran dari pemeriksaan ini adalah pelajar sampai dengan usia 18 tahun, guru atau pengajar dan masyarakat umum. Pemeriksaan ini dilakukan secara gratis, begitu juga kacamata dan lensa yang diberikan secara gratis. Seluruh frame dan lensa yang dibagikan merupakan produk dari Essilor.(Ifa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here