CAMAT MELANTIK ANGGOTA BPD SEBELAS DESA

0
78

Banyuwangi, Sinar Pos

Pada hari rabu 24/10/2018 pukul 03.00 Wib, dipendopo desa Kabat, kecamatan Kabat, kabupaten Banyuwangi  Jawa Timur, telah mengadakan acara kegiatan pelantikan anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) sekecamatan Kabat periode tahun 2018-2024. Yang di hadiri oleh Camat, Kapolsek, Danramil  dan sebelas kepala desa dan kepala urusan agama seta rohanian.

Ketua panitia kegiatan pelantikan Mustain dalam sambutannya mengucapkan,” Selamat atas terpilihnya anggota BPD terpilih semoga kedepannya bisa sinergitas dalam pemerintahan serta pembangunan desa,”Singkatnya.

Acara pelantikan di pimpin langsung oleh camat Kabat yang di lantik yakni  anggota BPD sebelas desa. Didalam sambutanya camat Susanto Wibowo mengatakan,” Terimakasih pada panitia penyelenggara proses pelantikan BPD sekecamatan Kabat dalam hal ini dari empat belas desa hampir kurang tiga desa yang tidak mengikuti yaitu desa Bendarungan, Podok Nongko dan Laban Asem,”katanya.

“BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Anggota BPD adalah wakil dari penduduk berdasarkan keterwakilan wilayah,bersama kades (kepala desa) fokus menegakkan peraturan, menggerakkan dan mengeluarkan aspirasi masyarakat dengan demikian maka pemerintah di tuntut untuk mampu memperpartisipasi peran aktif masyarakat dalam proses pembangunan,”ujarnya.

Susanto menambahkan”badan permusyaratan desa mempunyai kewenangan yaitu pertama membahas rancangan peraturan desa bersama kepala desa kedua melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa ketiga mengusulkan pengadaan,pemberhentian kepala desa dan membentuk panitia pemilihan kepala desa,ujarnya

Dalam kesempatan ini camat (Susanto) mengingatkan dan meminta perhatian terhadap anggota bpd agar bekerja dan laksanakan tugas sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas berdasarkan peraturan perundang undangan yang telah di atur dalam undang-undang tahun 2014,kemendagri no 110 tahun 2016 dan perda kabupaten banyuwangi no 2 tahun 2017. BPD merupakan mitra pemerintahan desa untuk itu harus dapat membangun komunikasi sekaligus bersenergi dan melakukan koordinasi,konsulidasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam gran desain pembangunan kabupaten,”ujarnya.(Haris)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here