AKD : Tetap Dukung Program Bupati Berantas Pungli Layanan Dispenduk

0
136

Jember – Dalam rangka mendukung program Bupati memberantas pungutan liar( Pungli). termasuk di Dispenduk, Asosiasi Kepala desa( AKD) menggelar acara rembuk bareng yang di laksanakan di kantor desa Jubung Kecamatan Sukorambi. Rabu 24/10/18. dalam acara yang di kemas santai ini adalah bertujuan untuk mengurai kebutuhan yang selama ini telah terjadi di Dinas kependudukan dan catatan sipil .

Dalam acara tersebut hadir seluruh pengurus AKD dan para Kepala desa, yang mewakili daerah masing masing di setiap Kecamatan . bahkan yang hadir saat itu mencapai 40 kepala desa. dari pertemuan silaturahmi ini banyak muncul keluhan Kades yang datang dari warganya dalam pengurusan Adminduk ini kok sangat rumit sekali bahkan menunggu berjam-jam , ini yang melatar belakangi adanya silaturahmi tersebut.

Ketua AKD Jember Zulkifli mengatakan, Asosiasi Kepala Desa( AKD) menggelar pertemuan dengan seluruh jajaran pengurus dan Kepala desa yang telah mewakili daerah pilihan yang ada di setiap Kecamatan di Jember. acara silaturahmi ini berjalan santai dan ganteng, selain itu membahas persoalan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan yang hingga saat ini masih jadi persoalan serius di masyarakat.” terang Kades Sukowono.

Lebih jauh mengatakan, acara pertemuan ini bertujuan untuk mengurai persoalan yang terjadi di Dispenduk. karena persoalan Dispenduk ini adalah persoalan dengan masyarakat luas sehingga Kades ini berupaya untuk mendukung program pelayanan prima dan program Bupati bebas pungli termasuk di Dispenduk Capil.” imbuhnya.

Masih lanjutnya, kalau bisa Bupati harus tanggap dengan persoalan ini, sehingga tak terjadi penumpukan di Dinas terkait. bahkan AKD ini sebenarnya akan tetap mendukung program Bupati yang telah memberantas pungli di Jember. ” ungkapnya.

Ditambahkan, kami AKD mengharap agar dapat audensi dengan Dinas kependudukan dan catatan sipil, sehingga akan ketemu apa yang terjadi dan kendala yang selama ini terjadi , kasihan masyarakat ini dibuat bolak balik ke Dinas kependudukan tersebut. pada intinya kami tetap akan mendukung program Bupati memberantas pungli tersebut .” pungkasnya.

Terpisah, Kepala desa Jubung, Bhisma Perdana.SH. MHum mengatakan, kami sering kali mendapat keluhan warganya, kenapa setiap dalam mengurus dokumen kependudukan selalu saja rumit dan lamban dalam menangani dokumen kependudukan di Dinas terkait.” tandas ketua KNPI ini.

Masih lanjutnya, program Bupati dr. Faida MMR itu bagus, program pelayanan dokumen kependudukan dalam satu hari jadi. selama program itu menguntungkan bagi masyarakat, maka tidak ada kata tidak untuk tidak mendukung program beliau tersebut. tidak hanya Kades bahkan juga masyarakat yang mendukung .” imbuh Bhisma Perdana.

Dia menambahkan, bila ditengarai ada pungutan liar(pungli) saat pengajuan pengurusan dokumen kependudukan tersebut, Kepala desa seluruh Kabupaten Jember siap melawan tindakan melawan hukum tersebut. dan yang terpenting lagi yang terkait Adminduk ini jangan hanya terjadi di Dinas saja yang terjadi penumpukan masa tapi kalau bisa dicari solusinya untuk lebih baik lagi dari saat ini.” pungkasnya.

 

Pantauan media ini saat di lokasi, ada sejumlah 40 Kades yang mewakili daerah pilihan masing masing. bahkan ada sejumlah kades yang menginginkan apabila tak ada respon dalam waktu yang telah di tentukan maka akan menggelar demo bersama warga setiap desa.( Bas/Rol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here