Kirab Sambut Hari Santri Nasional di Kota Blitar

0
58

Blitar, Sinar Pos

Ribuan santri dari seluruh wilayah Kota Blitar ikut memeriahkan kirab dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 OktoberĀ  2018.

Kirab ini diikuti perwakilan dari seluruh Pondok Pesantren dan sekolah Madrasah yang ada di kota Blitar. Kirab hari santri mengambil start di depan Kantor Wali Kota Blitar, Sabtu (20/10/2018) pagi.

Di sepanjang rute yang dilalui kirab, masyarakat yang ada di Kota Blitar menyambut dengan antusias. Kirab juga dimeriahkan dengan Parade Drum Band, tari-tarian dari masing-masing Pondok atau Madrasah.

Wakil Wali Kota Blitar, Santoso, mengatakan kegiatan ini digelar untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa kaum alim ulama dan para santri memiliki sumbangsih besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan.

Menurut Mantan Kepala Dinas Pendidikan kita Blitar ini, seperti dalam peristiwa pemberontakan 10 November, KH Hasyim Ashari sebagai tokoh ulama pada waktu itu ikut memberikan semangat kepada Bung Tomo untuk melakukan pemberontakan kepada penjajah yang ada di Surabaya.

Santoso berharap agar para santri sekarang juga ikut serta dalam menjaga Kesatuan Republik Indonesia. Kirab ini juga sebagai moment untuk mengingatkan kepada generasi muda bahwa para santri dahulu juga ikut serta berjuang dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Wakil Wali kota Blitar berharap perjuangan para santri ini jadi inspirasi untuk generasi muda sekarang.

Kegiatan Kirab ini sebagai penghormatan atas jasa para ulama dan santri dalam memperjuangan, merebut, mengawal, mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Santri punya peran besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, untuk ituĀ  sebagai generasi penerus harus mencintai tanah air dan meneladani semangatnya untuk mempertahankan NKRI yang sudah diperjuangkan dengan titik darah penghabisan , ” Jelasnya.(Har)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here