Untuk Mengantisipasi Laka Laut Nelayan Diajak Cangkrukan Bareng Kapolres

0
31

Jember – Dalam rangka mengurangi dan mengantisipasi korban kecelakaan di laut yang lebih banyak, Kapolres Jember mengundang dan menggelar cangkruan bermutu( Cerutu) bersama ratusan nelayan khususnya Ambulu, Wuluhan dan Puger. selain itu juga mengundang ratusan mahasiswa dari berapa perguruan tinggi. tepatnya Jum,at 19/10/18 di pantai pasir putih Malikan( Papuma).

Dalam acara tersebut tampak hadir , Kapolres, Kasat Reskrim, Kasat Intelkam, Kasat Lantas, Kasdim. Kapolsek Ambulu, Wuluhan dan Puger. Kadis Perikanan dan Kelautan, Kepala Bakesbangpol, Camat Ambulu serta ratusan nelayan dan mahasiswa yang tak dapat disebut nama satu persatu.

Dalam acara nyangkruk bareng Kapolres ini bertujuan , untuk serap aspirasi dan sosialisasi pada para nelayan , agar apabila cuaca tak bersahabat jangan turun melaut agar tak terjadi hal yang tak diinginkan semua fihak. bahkan dalam pekan pekan kemarin telah terjadi korban lagi nelayan karena ombak besar.

Kapolres AKBP. Kusworo Wibowo SH. Sik . M H. mengatakan, kami sengaja mengundang para nelayan untuk melakukan serap aspirasi dan mencari solusi agar apabila cuaca buruk tidak turun melaut. bahkan bagaimana solusinya agar tetap bisa mendapat penghasilan bagi keluarga meskipun musim ikan masih peceklik.” terang Kusworo.

Lebih jauh mengatakan, padahal petugas telah memberikan rambu rambu hitam agar tak turun melaut.karena pekan lalu masih terjadi kecelakaan laut dan telah memakan korban jiwa. untuk mengantisipasi hal tersebut, kami bersama Forkopimda sinergi dengan para nelayan ini untuk mencari solusinya .” imbuhnya.

Ditambahkan, dengan sosialisasi yang melibatkan para pihak terkait ini , ternyata dapat respon positif dari para nelayan tersebut. sehingga kedepannya nanti tak ada lagi yang akan menjadi korban meskipun musim cuaca tak bersahabat dan paceklik ikan.” pungkasnya.

Kepala Dinas perikanan dan kelautan Murtadlo mengatakan, kami sangat mengapresiasi langka Kapolres yang telah menginisiasi acara cangkruan bermutu( Cerutu) bersama nelayan Jember ini. agar apabila cuaca kurang bersahabat tak turun melaut.” terang mantan sekretaris Dinas Koperasi ini.

Ditambahkan, sebenarnya Pemkab telah memberi bantuan rompi pelampung bagi nelayan namun tak pernah dipakai. selain hal tersebut Pemkab juga akan membangun ekowisata dan ekonomi kerakyatan khususnya bagi para nelayan agar apabila cuaca buruk dan sepi ikan masih bisa mencari ekonomi keluarga.” pungkasnya.

Salah seorang ketua kelompok nelayan, Heri Suryata mengatakan, kalau permasalahan Watu ulo ini adalah heterogen, jadi terutama keluar masuknya kapal. agar Watu ulo ini tidak mengalami kotor dan terkesan tak terawat ‘ ujar Heri Suryata.

Masih lanjutnya, kami hanya mengharap dari Dinas perikanan agar tangkapan ikan jangan terlalu lama agar mutu ikannya tak berkurang dan bisa beracun. selain hal tersebut, Dinas perikanan dan kelautan selama ini tak ada kegiatan sama sekali. sehingga terjadi putus komunikasi.” imbuhnya.

Ditambahkan, selain itu harapan kami apabila ada informasi terkait dengan nelayan agar cepat kordinasi. karena para nelayan ini pikirannya terbatas dan tidak grudas grudus( Madura red). dan agar tak ada kejadian yang dapat mengakibatkan kerugian bagi orang lain dan dirinya sendiri.” pungkasnya.

Pantauan media ini saat acara sangat meriah sekali, bahkan ratusan nelayan dan Mahasiswa serta alumni juga tak ketinggalan diundang Kapolres . selain itu Kapolres juga memberi bantuan pada para nelayan yang diundang dan diserahkan secara simbolis pada empat orang perwakilan.( Bas/Rol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here