Asal Mula Ikan Mujair

0
38

Blitar, Sinar Pos

Legenda ikan Mujair di ketemukan pertama kali di Blitar. Keunikan ikan ini adalah biasa hidup di laut, namun karena keteladanan warga Blitar akhirnya bisa hidup di air tawar.Penemu pertama kali ikan Mujair yang melegenda di tanah air ini adalah seorang yang dikenal ahli tirakat.   Dia adalah Iwan Dalauk, lahir di desa Kuningan, Kanigoro, Blitar. Iwan Dalauk adalah anak pasangan Bayan Isman dan ibu Rubiyah. Iwan Dalauk lahir pada tahun 1890. Setelah berhasil menemukan ikan unik tersebut ,dia lebih dikenal dengan nama Mujair, seperti nama ikan unik tersebut. Mujair meninggal pada tahun 1957 di makamkan di jln.Mujair  desa Papungan, Kanigoro, Blitar.

Puguh Wibowo, salah seorang cucu Mbah Mujair , ketika di temui dikediamannya desa Papungan baru -baru ini mengatakan Mujair adalah sejenis ikan unik dari perairan Afrika. Di Indonesia pertama kali ditemukan oleh kakeknya dimuara pantai Serang, Blitar pada tahun 1939. Menurutnya Mbah Mujair menemukannya di pantai Serang. Melihat keunikan ikan ini dia berniat mengembangbiakkan di rumahnya di desa Papungan. Untuk mengambil ikan unik tersebut Mbah Mujair menggunakan ikat kepala atau udeng yang biasa dipakainya.

Pada awalnya dia gagal mengembangbiakkan ikan unik tersebut, karena biasa hidup di laut. Mbah Mujair tidak putus asa, dia semakin semangat untuk melakukan percobaan, miski bolak balik dari rumah ke pantai Serang.

Setelah berhasil membudidayakan ikan unik , yang semula hidup di air laut, namun karena kegigihannya ikan unik itu berhasil dibudidayakan di air tawar. Keberhasilan Mbah Mujair ini akhirnya di mendapatkan perhatihan banyak orang. Sekarang ini ikan mujair sudah dibudidayakan banyak orang diberbagai daerah. Bahkan Mbah Mujair mendapatkan penghargaan dari pemerintah, ” Jelasnya.(Har)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here