Dibalik Kisah Anna Sukses Kembangkan Bisnis Mukena

0
22

KEDIRI, SINAR POS – Dunia fashion adalah ladang bisnis yang menggiurkan dan cukup luas kue pasarnya. Bahkan dalam transaksi online via internet, fashion menjadi yang tertinggi angka penjualannya. Fashion kini tidak hanya sekedar baju dan celana saja, karena di segmen fashion muslim seperti mukena, baju taqwa, dan busana muslim juga memiliki pasar yang permintaannya cukup besar.

Di Kabupaten Kediri terdapat salah satu UMKM yang konsisten menekuni usaha rukuh, busana muslim dan baju taqwa. Namanya adalah Anna Collection, mengambil nama dari pemiliknya yakni Roudhotul Hasanah atau akrab dipanggil Anna. Usaha ini beralamat di Desa Ngadi, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Anna bercerita usaha ini awalnya hanya niat usaha sederhana yakni bisa membantu keuangan keluarga. Apalagi dirinya bersama suami memiliki keahlian dalam konveksi. Kebetulan di wilayah Desa Ngadi tempat tinggalnya terdapat wisata religi makam Gus Miek.

Dirinya lalu membuat usaha mukena agar sesuai dengan wisatawan yang rata-rata peziarah. “Usaha mukena ini pas dengan wisata di desa kami yakni wisata religi. Dulu kami pikir nanti bisa buat buah tangan. Selain itu, juga karena kami rasa proses produksinya mudah dan simpel. Model mukena itu-itu saja. Paling variasi nantinya di model bordirnya,” jelasnya, (16/10).

Anna mengawali usaha ini tahun 2004. Sekarang dirinya dibantu 20 karyawan setiap harinya dalam berproduksi. Rata-rata karyawannya berasal dari Desa Ngadi dan sekitarnya. Kebetulan sekitar wilayah ini banyak tenaga terampil bidang bordir tangan. “Dulu awal buka sempat bingung gimana dengan karyawan untuk jalankan usahanya, soalnya kami sebetulnya pendatang, bukan warga asli sini. Ternyata banyak tenaga karyawan yang bisa bordir tangan dari daerah sini,” tutur ibu 45 tahun ini.

Produk mukena buatan Anna rutin memasok kebutuhan pasar mukena di area Jawa Timur. Biasanya pasar tradisional hingga toko oleh-oleh haji atau umroh di Jawa Timur rutin memesan kepada Anna. “Banyak grosir yang ambil, seperti dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Jombang dan sekitarnya. Soalnya kata pelanggan harga kami cukup bersaing dan kualitas pengerjaannya halus. Salah satunya mukena harga 65 ribu rupiah ini terlaris.

Karena praktis bisa dilipat mungil dan anti lecek. Biasanya buat oleh-oleh haji yang ini,” terang Anna. Bila Anda membutuhkan mukena, busana muslim dan baju taqwa baik grosir maupun eceran, dapat berkunjung ke workshop Anna Collection di Jalan Raya Ngadi RT 01, RW 02 Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, no telp. 081 332 217 706. (AD/kom/kab/an-lh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here