Sensasi Berkunjung ke Wisata Edukasi Obat Mbambingan

0
20

KEDIRI, SINAR POS – Kabupaten Kediri begitu banyak menyimpan tempat wisata alam maupun wisata edukasi. Salah satunya jika berkunjung ke Kawasan Wisata Gunung Kelud, jangan lewatkan tempat yang sangat menarik dan mempunyai banyak manfaat ilmu yang bisa didapatkan.

Tempat tersebut yaitu Wisata Edukasi Hutan Obat Mbambingan. Lokasinya berada di kawasan Wisata Gunung Kelud di Desa Sugih Waras Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

Sebagai informasi, Wisata Edukasi Hutan Obat Mbambingan ini merupakan tempat dimana ditanam jenis tanaman obat hingga ratusan jumlahnya dan merupakan tanaman asli dari Kabupaten Kediri maupun luar daerah.

Untuk memasuki wisata ini sangatlah murah, hanya dikenakan 5.500 rupiah/orang saja. Lebih hemat disarankan untuk menggunakan paket. wisata dengan harga yang lebih terjangkau. Ada paket 1, 2 dan 3 dengan minimal 20 orang untuk pelajar atau umum. Yang menarik, semua paket edukasi gratis tiket masuk.

“Di tempat ini terdapat banyak paket wisata yang ditawarkan seperti Edukasi Tanaman Obat Keluarga (Toga). Kami akan menjelaskan secara detail jenis Toga dan manfaatnya hingga bagaimana cara mengolahnya untuk obat maupun kesehatan.

Selain itu kami juga menyediakan ramuan herbal dan pengolahan jamu yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan maupun untuk pengobatan,” kata Pak Wahyu, salah satu pemandu di Wisata Edukasi Mbambingan.

“Kami juga menjual bibit Toga dan edukasi penanamannya. Selain itu kami juga menyediakan modul Toga untuk menambah wawasan masyarakat maupun siswa, ditambah outbond dan pengenalan akupressure dan pijat tradisional Indonesia,” jelasnya pada Kominfo (11/10).

 

 

Selain tedapat berbagai jenis tanaman obat, di tempat ini juga teredia berbagai fasilitas yang cukup lengkap seperti gazebo, kedai jamu, perpustakaan, musholla dan fasilitas lainnya.

Dengan udara yang masih segar serta dikelilingi pemandangan hutan yang hijau dan asri, sangat tidak elok jika berkunjung ke Gunug Kelud tidak mampir di tempat Wisata Edukasi Hutan Obat Mbambingan ini.

“Tanaman obat ini harus dipelajari dan dilestarikan supaya kita bisa merasakan khasiatnya untuk kesehatan maupun pengobatan secara alami. Selain itu pengatahuan tentang Toga dapat disebarkan kepada masyarakat Kabupaten Kediri hingga ke seluruh Nusantara,” harapnya.(AD/KOM/KAB/AN-LH)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here