Kerjasama Kadin Surabaya Dan Taiwan

0
30

SURABAYA, SINAR POS – Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Surabaya menyambut baik Hari Ulang Tahun Taiwan ke-107 dan kehadiran Taipei Economic and Office/kantor dagang dan Ekonomi Taipei  (TETO) Surabaya yang digelar di Hotel JW Marriott Surabaya, Senin Malam (8/10).

Ketua Kadin Surabaya, DR Jamhadi menyatakan, Taiwan dan Indonesia telah menjalin hubungan di bidang perdagangan, pariwisata dan investasi selama ini. “Kita ada hubungan dengan Taiwan di bidang TTI (Trade, Tourism , Investment), yang masih berpotensi untuk dikembangkan lagi di masa mendatang,” ujarnya.

Taiwan salah satu negara yang berjasa menerima tenaga kerja Indonesa (TKI) di sana. Mereka senang dengan TKI asal Jatim karena produktivitasnya tinggi, melayani dengan baik dan mau belajar.”TKI Jatim telaten dan merawat manula Taiwan di sana,” Bahkan, dalam sehari ada sekitar 200 orang asal Jatim yang ingin menjadi TKI di Taiwan.katanya.

Selain, itu Taiwan sangat perhatian memperbaiki kualitas produk di bidang otomotif, teknologi dan lainnya. “Mereka menyamakan produknya seperti Jepang, namun harganya kompetitif. Misalnya untuk produk gagdet, laptop dan lainnya,”.Tak kalah pentingnya, kerja sama antara Indonesia dan Taiwan di bidang pertukaran mahasiswa dan pendidikan. “Banyak mahasiswa ITS yang menempuh pendidikan di Taiwan”  ucapnya.

Di samping itu, juga adanya kerjasama di bidang pariwisata. Cukup banyak wisatawan Indonesia yang pergi ke Taiwan dan sebaliknya. Promosi pariwisata Taiwan dan Indonesia seringkali dilakukan secara bergantian dan berkelanjutan.

“Ini mengingat ada 250 hotel di Surabaya dan banyak obyek wisata  di sini. Memungkinkan pengembangan dan kerjasama di bidang pariwisata nantinya,” tutur Jamhadi. (Nwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here