Desa Jogorogo Syukuran Bulan Suro Gelar Wayang Kulit Dan Kirab Budaya

0
48

Ngawi, Sinar Pos

Tradisi di Desa Jogorogo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi untuk memperingati tahun baru Islam 1440 hijriyah atau Suro selalu mengadakan syukuran dan berbagai pagelaran kegiatan budaya.

Masyarakat menyambut baik dengan adanya acara yang di gelar ini,  pawai/ karnaval menelusuri jalan desa, warga jogorogo dengan antusias dan percaya diri memakai kostum berbagai pakaian adat istiadat yang ada di Indonesia.

Menurut Nur Ekawati, SE, selaku Kepala Desa tradisi leluhur ini adalah contoh tauladan bagi kita semua walaupun saat ini di era modern, tidak boleh meninggalkan tradisi yang sudah turun temurun.

Seperti halnya kegiatan peringatan tahun baru Islam 1440 hijriyah atau Suro pada tahun ini, adalah dapat diartikan sebagai wujud rasa syukur yang tak terhingga atas segala anugerah dan kenikmatan yang diberikan Tuhan kepada kita khususnya warga Jogorogo pada satu tahun yang lalu dan memohon kepada Tuhan atas segala anugrahNya di tahun yang akan datang.

Selain karnaval masih ada kegiatan yaitu kesenian reog dan berbagai tarian tradisional yang diikuti dari semua element masyarakat, pelajar, dan Muspika Jogorogo kabupaten Ngawi.

(5/10/2018) malamnya di meriahkan dengan hiburan wayang kulit semalam suntuk menampilkan dalang Ki Alex Budi Sabdo Utomo dengan lakon BIMA SUCI.(ardhi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here