Pelepasan Arung Kanal Oleh Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widitmoko

0
96

Banyuwangi, Sinar Pos

Malam  Puncak acara arung kanal perahu hias di sungai Dusun Tanjungrejo, Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo, berlangsung meriah Sabtu malam (6/10/8).

Ribuan pengunjung memadati ruas jalan di tepi Sungai yang membelah Kecamatan Bangorejo dan Kecamatan Tegalsari.

Masyarakat datang untuk menyaksikan gebyar puncak acara arung kanal. Ada sembilan  replika kapal laut yang ditampilkan panitia, mulai kapal penumpang sampai kapal perang.

Acara dua tahunan itu dihadiri langsung oleh wakil bupati yusuf widiyatmoko serta diikuti forpimda, forpimka dan seluruh kepala desa bangorejo serta colon legeslatif dari PDIP dan juga pemerhati budaya Banyuwangi

Banyu biru. Kedatangan para tamu undangan disambut tarian bertema ” mbalang apem ” . Sebelum pelepasan peserta, rombongan tamu  naik skyboat  meninjau  kesiapan perserta kegiatan tersebut. Para peserta arung kanal secara simbolis dilepas Wakil bupati Banyuwangi.

Kapolsek bangorejo AKP. Bahrul Anam  baru bertugas di Banyuwangi  saat di komfirmasi menyatakan,  kagum dengan krativitas warga Kecamatan Bangorejo. ’’Ini tradisi yang perlu dilestarikan dan Jangan sampai dihilangkan,’’ katanya.
Ketua panitia arung kanal Syaman mengatakan, Bangga acara tersebut bisa berjalan cukup meriah dan sukses.  acara tersebut merupakan tradisi peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan warga setempat.

’’Kami sangat berharap ada perhatian dari Pemkab Banyuwangi untuk turut serta memperhatikan warisan budaya yang mungkin di Indonesia cuma ada di Banyuwangi,’’ tuturnya.(Haris/tim)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here