BUPATI DAN WAKIL BUPATI JOMBANG IKUTI KEGIATAN RESIK SUNGAI GUDE PLOSO

0
86

Jombang, Sinar Pos

Pemerintah Kabupaten Jombang, menggelar aksi resik sungai gude ploso di Jalan Raya Mojokrapak – Tembelang.  (6/10).

Salah satu tujuannya guna mengembalikan  fungsi sungai sepenuhnya, menumbuhkan kesadaran masyarakat. Di dalam kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab yang didampingi Wakilnya Sumrambah, Kapolres Jombang, Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) serta sejumlah pejabat lainnya.

“Aksi resik kali ini tujuannya adalah untuk mengembalikan fungsi sungai sepenuhnya. Dan bisa bermanfaat, baik itu untuk pertanian maupun untuk masyarakat itu sendiri yang membutuhkan air. Jadi dalam kegiatan ini kita inginkan terciptanya sungai yang bersih,” papar Mundjidah pada sejumlah jurnalis.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya memberi contoh pada masyarakat untuk sadar dan menjaga kelestarian sungai. Salah satu cara sederhana yaitu tidak membuang sampah ke sungai karena sungai ini adalah milik kita semua, dan aksi resik kali ini merupakan langkah awal “Nantinya tidak hanya sungai gude ploso saja yang dibersihkan namun juga sungai sungai yang lain yang ada di kabupaten jombang.”ujarnya.

Di dalam mempercantik sungai, oleh Pemkab Jombang nantinya akan dibuatkan taman – taman di sepanjang aliran kali sungai gude ploso ini. Tentunya hal itu tidak dilakukan sendirian, namun juga melibatkan sejumlah pihak, seperti pelaku usaha hingga perbankan.” tambah Bupati.

Fatkhurohman salah satu peserta aksi resik kali dari komunitas Santri Jogo Kali mengatakan. “Santri jogo kali sangat mengapresiasi sekali kegiatan resik kali ini didalam hal ini peran santri jogo kali adalah mengajak seluruh lapisan masayarakat untuk sadar dan tidak mengotori dan membuang sampah ke sungai karena sungai ini milik kita bersama, “ucapnya.

“Hitamnya air sungai gude ploso ini berasal dari industri yg berperan dan limbah dari masyarakat dari rumah – rumah.  Jadi hitamnya ini merupakan kumpulan dari sampah limbah yang sulit kita bendung. Sungai gude ploso ini kualitas airnya masih jauh dari baku mutu, tergolong sungai yang tercemar sangat parah dari pada sungai yg ada di jombang, penyumbang terbesar limbah di sungai gude ploso ini adalah dari limbah industri.” lanjut fatkhur.

“Langkah lain yang kita lakukan adalah mendorong pihak industri untuk mempunyai pengolahan limbah yang baik agar limbah yang di buang ke sungai ini sudah sesuai dari standart baku mutu.”tambahnya

Sementara itu Ir. Yudhi Adriyanto kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang mengatakan.” keberadaan sungai gude ploso ini merupakan teras utama sebelum masuk kota jombang diharapkan setelah di adakan giat resik kali ini dapat membuat seluruh pelaku industri dan masyarakat  bisa menjaga kebersihan sungai, untuk kedepan nantinya akan kita lakukan secara rutin dan berkala, dari lingkungan hidup sendiri akan koordinasi dengan dinas pengairan demi terciptanya sungai gude ploso yang bersih.” ucapnya.

Tampak Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, Kapolres Jombang Fadli Widiyanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Yudhi Adriyanto terjun  langsung masuk ke dalam sungai gude ploso yang airnya hitam pekat & berbau busuk untuk melakukan aksi  bersama para elemen masyarakat  yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Air sungai Gude Ploso berwarna hitam pekat dan berbau busuk hanya saat – saat tertentu saja. Umum di ketahui masyarakat saat giling pabrik gula.(rd/ary)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here