Kepala Desa Sugihwaras, Kec.Candi, Sidoarjo, Bersama Staff Studi Banding Ke Pujon Malang

0
168

Batu, Sinar Pos

Dalam rangka kunjungan kerja dan pembelajaran di bidang Badan usaha milik desa atau yang sering kita sebut sebagai Bumdes beserta pengelolaan potensi yang ada di Kabupaten Malang khususnya di Pujon Kidul dan desa Gedog Wetan Turen.

Pada tanggal 29 – 30 September 2018, Bapak Syaiful selaku Kepala desa Sugihwaras Candi Sidoarjo beserta para perangkat Desa , Sekcam, RW, RT , PKK, Karang Taruna dan juga para sesepuh desa tersebut mengadakan kunjungan kerja yang di sebut Studi Komparatif Bumdes.

Kunjungan kerja tersebut Bapak Syaiful juga telah bekerja sama dengan salah satu Biro Perjalanan Wisata ternama yang ada di kota Sidoarjo “KARTIKA Tour & Travel” yang di Pimpin oleh Ibu Ewy Kartikarini ,maksud dan tujuan agar dalam acara kunjungan kerja tersebut berjalan lancar dan aman.

Perjalanan menuju dua lokasi desa tersebut, rombongan menggunakan armada bus besar yang berisi sekitar 80 peserta yang terbagi dalam dua bus yang

berangkat dari Desa Sugih Waras Candi Sidoarjo menuju lokasi kunjungan kerja yang menempuh waktu sekitar 4 jam , sesampainya di desa Pujon Kidul sekitar pukul 11.00 wib , para peserta tiba di lokasi dan disambut oleh para perangkat desa Pujin Kidul yang ada, istirahat sejenak sambil menikmati hidangan yang telah tersedia .

Tepat pukul 11.30 wib Bapak Taufik selaku perwakilan dari Bumdes yang ada di desa Pujon Kidul memaparkan sistem kerja, sumber daya manusia, serta kemauan dari lapisan masyarakat desa Pujon Kidul. Dari awal hingga akhir sampai terbentuknya Bumdes serta manfaatnya untuk desa dan masyarakat desa tersebut.

Isi pemaparan antara lain adalah di tahun 2010 mantan Karang Taruna serta Bapak Udianto sebelum menjabat Kepala Desa Pujon Kidul, membuat pengelolaan suatu kegiatan atau bahasa asingnya Event Organizer Mandiri, yang bertujuan untuk bisa berkontribusi ke desa lewat jalur wisata desa dan dana yang didapat adalah dana yang dihimpun dari swadaya masyarakat pada waktu itu serta bekerja sama dengan pihak Perhutani yang mengangkat Sumber Pitu yang bertujuan mendapatkan air yang bersih di desa tersebut yang di peruntukkan untuk warga sekitar, dikelola oleh sekelompok masyarakat yang bernaung di Bumdes, adapun 3 desa tersebut terdiri dari Dusun Krajan , Dusun Maron, Dusun Telung Rejo yang terbagi dalam 8 Rukun Warga , 20 Rukun Tetangga .

Desa tersebut memerlukan waktu sekitar 4 tahun untuk menyadarkan masyarakat yang ada di desa tersebut dengan cara membuktikan dengan  mendatangkan orang meskipun tidak mendapatkan upah dari kinerja sekelompok masyarakat itu , sebaliknya warga bisa mendapatkan hasilnya.

Kesan dari Bapak Syaiful selaku Kepala Desa Sugih Waras Candi Sidoarjo terhadap hasil studi komparatif di Desa Pujon Kidul dan Desa Gedog Wetan Turen Malang bahwasannya Bapak Syaiful berkeinginan bisa mencontoh dari hasil kerja nyata dari dua desa tersebut, meskipun potensi yang ada di desa masing-masing ada sisi perbedaan, dan yang lebih berkesan lagi bagaimana Kepala Desa Pujon Kidul bisa membentuk warga masyarakatnya menjadi kompak dan sangat berkeinginan untuk memajukan desanya, sehingga dari desa yang tertinggal bisa menjadi desa percontohan ke seluruh pelosok negeri maupun manca negara, semua itu bisa terwujud karena adanya sosok kepemimpinan dari Bapak Udianto selaku Kepala Desa Pujon Kidul.

Untuk penilaian Bapak Syaiful pada saat mengunjungi desa Gedog Wetan tertuju kepada kewirausahaan masyarakat setempat meliputi produksi sabun mandi dan sabun cuci yang berbahan dasar herbal serta pengelolaan pasar yang bernaung di Bumdes.

Bapak Syaiful selaku Kepala Desa Sugih Waras berpesan kepada seluruh perangkat Desa dan rombongan yang telah mengikuti Studi komparatif pada tanggal 29 – 30 September 2018 agar mempunyai keinginan untuk memajukan desa Sugih Waras agar bisa menambah dan menumbuhkan kembangkan serta memakmuran desa Sugih Waras pada khususnya serta masyarakat desa pada umumnya.

Sehingga dari hasil kunjungan kerja tersebut mempunyai nilai manfaat yang sangat positif. ( Joesnohadi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here