Ribuan Pegawai Honorer Gelar Istighosah di Pendopo Blitar

0
165

Blitar, Sinar Pos

Ribuan Pegawai Honorer di Kabupaten Blitar, baik Guru Tidak Tetap (GTT) maupun Pegawai Tidak Tetap(PTT) menggelar Istighosah di Pendopo  Sasana Adhi Praja , Kantor Kabupaten, Blitar, Selasa,(02/10). Mereka berharap agar  segera dapat kejelasan nasibnya, karena hingga saat ini belum ada tindak lanjut atas permintaan mereka agar bisa menjadi PNS.Istighosah tersebut di hadiri Bupati Blitar, Kepala Dinas Pendidikan dan Bakesbanpol Kabupaten Blitar.

Ketua PGRI Kabupaten Blitar , Munthohar mengatakan , hingga saat ini belum ada kejelasan terkait nasib pegawai Honorer, khususnya mereka yang berusia 35 tahun keatas. Saat ditanya terkait SK dari Bupati, Munthohar menegaskan bahwa pemberian SK tersebut tidak menjamin untuk menjadi PNS, namun hanya sebagai payung hukum untuk mencairkan  dana Bos  dan digunakan untuk sertifikasi yang sudah memenuhi syarat.

” Pengabdian mereka sudah lama, bahkan mereka sering dikatakan ilegal.Namun kenyataannya dunia pendidikan sangat membutuhkan.Terbukti saat mereka mogok, kondisi belajar mengajar mengalami kelumpuhan, ” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumardjoko mengatakan Bupati sudah membuatkan SK terhadap 2.292 Guru Tidak Tetap ( GTT) , sedangkan Pegawai Tidak Tetap (PTT)  sekitar 400 orang juga akan dibuatkan  SK, karena di Permendikbud nomor 1 tahun 2018 tentang Bos, siapun yang berhak mendapat gaji yang diambilkan dari Bos harus ada SK Penugasan  dari Bupati.

Budi Kusumardjoko menjelaskan Bupati sudah membuatkan secara kolektif yang didelegasikan diberikan kepadanya. Dia mengatakan PTT masih  dalam tahap proses. ”  SK tersebut sudah ditanda tangani, namun prosesnya perlu dibagi serta dievaluasi.  Sementara SK tersebut akan diperbaiki setiap tahunnya, ” paparnya.

Sementara itu Bupati Blitar , Riyanto mengatakan doa bersama ini sebagai bentuk ungkapan kekesalan dan kekecewaan Pegawai Honorer yang dikemas dengan bagus. Pihaknya mengetahui permintaan mereka, yakni yang semula honorer ingin ada perubahan nasib.

Bupati Blitar berjanji akan berjuang bersama – sama. Dia berharap upaya mereka segera membuahkan hasil yang terbaik.”  Jadi PGRI berupaya lewat jalurnya sendiri. Kita pun juga melalui jalur Pemerintah sampai tingkat pusat. Kami berharap upaya mereka seperti ini membuahkan hasil yang terbaik , ” Jelasnya.( Har/ Nas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here