Lima Dasar Pancasila Adalah Sebagai Wujud Kehidupan Sehari-hari Menjaga NKRI

0
97

Jember – Lima dasar Pancasila adalah sebagai wujud kehidupan sehari hari dalam menjaga keutuhan NKRI, Pancasila itu apabila dipegang mampu menjaga NKRI dari rong rongan dari dalam maupun dari luar untuk memecah belah bangsa. dengan memiliki rasa persatuan dan kesatuan maka akan sulit untuk menghancurkan NKRI ini.

Hal tersebut dikemukakan Bupati dr. Faida MMR, usai upacara peringatan Hari kesaktian Pancasila di Alon Alon Jember Senin 1/10/18.

” Jadi dasar Negara Pancasila ini harus tetap dijaga keutuhannya, bahkan para pendahulu berkorban untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan untuk tetap menjaga NKRI yang sangat kita cintai ini. bahkan kita dalam kehidupan sehari hari berlandaskan Pancasila.- tambahnya.

” Bhineka tunggal Ika itu sebagai perwujudan dari berbagai suku yang ada di Indonesia ini. meskipun latar belakang yang berbeda juga status sosial tak membuat rasa persatuan dan kesatuan terpecah pecah. justru kekuatan bangsa Indonesia ini dari perbedaan tersebut.” imbuhnya.

Kami menghimbau pada generasi muda yang hidup saat ini, untuk tetap menjaga semangat pendahulu yang telah berkorban jiwa dan raga, agar Pancasila tetap berdiri kokoh seperti saat ini yang telah kita saksikan dan rasakan bersama. minimal amalkan landasan Pancasila tersebut. tambahnya

” Seperti dasar Pancasila yang 5 pahami dari sila kesatu, yakni ketuhanan yang maha esa. bagaimana kita beragama satu dengan yang lain saling menghormati dan menjalankan ibadah, maka seterusnya pada sila sila berikutnya.” pungkasnya.

Terpisah Dandim 0824 Jember, Letkol Inf, Arief Munawar mengatakan, bagi generasi muda milenial ini, diharapkan bisa menjadi contoh di masyarakat. dengan sila sila Pancasila ini dijalankan dalam kehidupan sehari hari di masyarakat ” terang Arief Munawar.

Lebih lanjut mengatakan, pahami dan amalkan dari sila sila Pancasila tersebut. sila kesatu yakni ketuhanan yang maha esa , setelah itu baru pada sila sila berikutnya dari Pancasila ini.” pungkasnya.

Pantauan media ini saat peringatan hari kesaktian Pancasila sangat meriah sekali. bahkan Bupati dr. Faida MMR selaku inspektur upacara.(Dik/Bas/Rol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here