Teh Dari Bunga Mawar Sukorambi Pemasaran Hingga Tembus Jawa Tengah

0
78

Jember- Teh dari bunga Rose/ mawar produk Sukorambi pemasaran bisa menembus hingga Jawa Tengah. Sukorambi merupakan daerah penghasil sumber daya alam yang potensial sekali, selain sayuran, pisang , kelapa muda dan sebagainya. termasuk kopi yang rasanya lain dari yang lain. bahkan suasana yang nyaman dan sejuk semakin menambah semangat warga sekitar.

Tak terkecuali dengan bunga mawar/rose, yang selama ini telah terjadi turun temurun hingga puluhan generasi, bunga mawar tersebut hanya dibuat apabila ada keperluan di makam saja setiap hari Kamis malam Jum,at. selain itu untuk hari hari besar tertentu saja . akan tetapi untuk kali ini tak hanya di atas tersebut, tapi setelah di temukan oleh Mahasiswa yang kebetulan praktek lapangan maka terciptalah teh dari bunga rose tersebut, bahkan pemasaran tidak hanya di daerah lokal saja, tapi telah merambah Jokjakarta dan seluruh Jawa Tengah.

Camat Sukorambi, Drs, Bambang Rudianto ketika ditemui di kantornya Kamis 27/9/18 mengatakan, awal mulanya warga setiap panen bunga rose hanya untuk keperluan di makam ,dan itu hanya tertentu saja pada hari Kamis sore dan Minggu. atau hari hari besar agama Islam saja. ” terang Rudianto panggilan sehari- hari.

Masih lanjutnya, untuk lahan bunga mawar/ Rose ini di Kecamatan Sukorambi cukup luas dan berhektar-hektar hektar, bahkan hampir setiap hari warga setempat memanen bunga yang identik dengan makam ini. selain itu juga bisa meningkatkan pendapatan bagi warga yang sebelumnya hanya dijual berupa bunga untuk keperluan makam tapi saat ini untuk minuman yang juga berfungsi untuk menyembuhkan penyakit juga.” imbuh Rudianto yang asli Gebang ini.

Lebih lanjut mengatakan, apabila.kita.berada di lokasi bunga mawar tersebut seakan akan kita berada dalam suasana yang damai sekali , karena disamping bisa melihat ciptaan Allah yang maha kuasa dengan indahnya, juga bisa menciptakan kebahagiaan tersendiri bagi orang yang ingin melihat dari dekat lagi suasana di lokasi bunga mawar tersebut.” ungkapnya.

Dia menambahkan, saat ini teh tersebut telah dikemas dengan packing yang sangat bagus dan memiliki nilai tawar tersendiri. bahkan kami berusaha setiap pertokoan yang menjual hasil produk lokal Jember, akan tersedia juga minuman teh dari bunga mawar/ rose tersebut. bahkan apabila ada sesuatu acara khususnya di Kecamatan Sukorambi ini maka akan kita suguhi teh tersebut.” pungkas mantan pejabat Dinsos ini.

Terpisah salah seorang warga sekitar, Abdul Rahman mengatakan, saat ini mas warga sekitar yang biasanya hanya menjual bunga mawar untuk keperluan di makam saja khususnya hari Kamis malam Jum,at , dan hari hari besar keagamaan , tapi saat ini telah banyak yang membuat teh dari bunga mawar tersebut. sehingga hasil penjualan lebih tinggi dibanding hanya menjual bunga mawar saja.” terangnya.

Masih kata dia, sehingga warga setempat saat ini telah meningkat penghasilan dari bunga mawar tersebut dibanding sebelum menciptakan minuman teh dari bunga mawar tersebut yang juga bisa menghilangkan berapa macam penyakit ini.” pungkasnya.( Dik/Bas/Rol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here