Bupati Serahkan Program Bantuan Kementan Pada Rakyat Miskin

0
52

Jember, Sinar Pos

Bupati serahkan bantuan program  bekerja dari Kementrian pertanian pada rakyat miskin, Tepatnya/9/18 Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. menyalurkan paket bantuan sejumlah 300 sak pakan dan 7.500 ekor ayam kepada 150 rumah tangga miskin. Penyaluran bantuan program Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) berlangsung di lapangan Desa Plalangan, Kecamatan Kalisat, Jember Jatim.“Bantuan tersebut yang akan diberikan untuk yang berhak menerima bukan yang meminta,” terang Bupati Faida dalam sambutannya. Kreteria rumah tangga penerima bantuan diantaranya memiliki penghasilan tidak lebih dari Rp. 600 ribu.

Program yang berasal dari Kementeria Pertanian ini harus berjalan baik dan sukses. Bupati Faida pun berpesan agar masyarakat penerima bantuan merawat ayam sebaik-baiknya.

Terpisah Sementara itu, penanggung jawab program Bekerja Kabupaten Jember Drh. Agung Suganda mengatakan, program Bekerja sebagai upaya mendukung penanggulangan kemiskinan dan implementasi Peraturan Presiden nomor 96 tahun 2015 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan,pemerintah memberikan paket bantuan berupa pakan, ayam, dan obat-obatan kepada rumah tangga miskin yang tersebar di 10 provinsi.

Sebelumnya telah menyerahkan bantuan kambing 10 ekor dan ayam 2.000 ekor di Desa Sukogidri dan Suren Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.

Hasil monitoring tanggal 30 Agustus 2018, telah membuahkan hasil banyak ayam yang sudah bertelur, bahkan 1 ekor kambing telah beranak.

Direktur Kesehatan Hewan selaku Pj. Program Bekerja Prov. Jawa Timur Drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, PhD yang mewakili Kementan menyampaikan, program Bekerja Kementan yang telah diverifikasi oleh pemerintah Kabupaten Jember ditetapkan sebanyak 12.698 RTM yang layak menerima bantuan.

Di lapangan Desa Plalangan Kalisat, penyerahan perdana paket bantuan pemerintah terdiri dari kandang, pakan, dan ayam kepada 150 RTM .

“Diharapakan semua dapat bekerja keras. Kerjasama dan saling bahu membahu di seluruh tahapan program Bekerja di Kabupaten Jember dapat berjalan sesuai harapan sehingga membantu meningkatkan pendapatan RTM dan menurunkan angka kemiskinan,” jelasnya.

Pantauan media ini saat bertugas, sangat meriah sekali. bahkan acara Kementan ini tampak direspon masyarakat setempat apalagi program ini tepat sasaran. (Dik/Bas/Rol)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here