SEKDAKOT MOJOKERTO MENYAMBUT TIM VERIFIKASI KOTA MOJOKERTO DAN TIM KOTA SEHAT PROVINSI JAWA TIMUR

0
31

Mojokerto, Sinar Pos

Pada hari selasa tanggal 18 sebtember 2018, tim verifikasi kota sehat tingkat privinsi Jawa Timur turun melakukan penilaian di kota Mojokerto .

HARLISTYATI Sekdakot kota Mojokerto mewakili  wali kota Mojokerto SUYITNO , menyambut kedatangan tim verifikasi, yang diketuai KOHAR HARI SANTOSO di kantor badan perencanaan pembangunan kota (BAPPEKO) Mojokerto, dihadapan tim verifikasi.

HARLISTYATI menyampaikan rasa trimakasih dan apresiasi kepada seluruh stake holder dan masyarakat yang telah bekerja sama dengan pemerintah kota Mojokerto untuk melaksanakan berbagai program dan kegiatan pembangunan fisik maupun non fisik di kota Mojoketo.

HARLISTYATI menjelaskan pada tahun 2016 kota Mojokerto telah mengikuti tingkat provinsi Jawa Timur, dan mendapat penghargaan kota sehat tingkat nasional swastisaba pada tahun 2017 untuk dua tatanan.

Harapan kami kota sehat tingkat provinsi tahun ini di kota Mojokerto bisa ikut penilaian kota sehat tingkat nasional , untuk empat tatanan kawasan dan DPT memperoleh penghargaan swastisaba wiwerda , tutur HARLIS.

Lanjut HARLISTYATI menyampaikan kota Mojokerto sudah melakukan delapan tatanan untuk mengikuti kota sehat , namun sebagaimana aturan-aturannya harus melalui dua tatanan” lomba seperti ini bagi kami tidak hanya mengharapkan yang merupakan tujuan utamanya bagaimana masyarakat kota Mojokerto bisa menjadi kota sehat.

Lomba seperti ini merupakan tujuan antara bagi kami dan dengan keikutan sertaan dalam lomba ini dapat memacu semangat masyarakat kota Mojokerto ” tutur HARLIS.

HARLITYATI mengatakan kota Mojokerto mengupayakan pembangunan terus-menerus dan keseimbangan di segala bidang. Sehingga tahap demi tahap dapat bisa di lalui dengan muda untuk mewujudkan kota Mojokerto yang sehat .

” selain itu kota Mojokerto sendiri juga telah menetapkan visi yang telah berkaitan dengan kota Mojokerto sehat yaitu terwujudnya kota Mojokerto sebagai SERVICE CITY yang menuju sehat cerdas ,sejahterah dan bermoral.

Pada empat elemen kehidupan kota Mojokerto yaitu pemerintahan masyarakat swasta dan lingkungan kota Mojokerto boleh kecil katanya , tapi tidak boleh kecil semangatnya ” turur HARLIS.

Pada tahun 2018 ini pemerintah kota Mojokerto bertekat mengikuti verifikasi penyelenggaraan kota sehat tingkat provinsi Jawa Timur sebagai syarat untuk mengikuti verivikasi program kota sehat tingkat nasional tahun 2019 mendatang.

Ada empat tatanan kawasan yaitu tatanan lingkungan pemukiman sarana dan prasarana umum. Tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri tatanan kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan traspotasi ,serta tatanan kehidupan sosial yang sehat terkait tatanan tertip lalulintas.dan pelayana traspotasi kami informasikan bahwa terminal sudah di kelola oleh provinsi meski demikian kami masih bisa melakukan komunikasi dan kordinasi dengan UPTD terminal ,tutur HARLIS .

KOHAR HARI SANTOSA  ketua tim lomba kota sehat menyampaikan kota sehat bukanlah kesehatan badan secara individual. Tetapi merupakan gerakan untuk mendorong inisiatif masyarakat (CAPACITY BUILDING ) menuju hidup yang sehat yang di capai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintrogasi yang di sepakati bersama ,dengan begitu bisa mendorong masyarakat secara keseluruhan dan menjadi suwatu kebutuhan masyarakat sehingga .mewujudkan kondisi kota yang aman , nyamam , bersih dan sehat serta meningkatkan derajad kesehatan.

Sementara itu RANI ketua forum kota sehat kota Mojokerto. Menyampaikan FKS kota Mojokerto bertujuan untuk mencapai kota yang bersih ,nyaman , aman dan sehat untuk di huni sebagai tempat bekerja bagi warganya .

Dengan cara terlaksananya berbagai program kesehatan. Saran FKS kota Mojokerto meliputi peningkatan lingkungan fisik ,sosial dan budaya serta perilaku dan pelayanan kesehatan yang di laksanakan secara adil merata dan terjangkau dengan memaksimalkan seluruh potensi sumber daya yang ada.

RANI menambahkan dengan adanya FKS mampu menjalin kerjasama antara masyarakat ,pemda , swasta serta dapat menampung apresiasi masyarakat dan kebijakan pemerintah secara seimbang dan berkelanjutan.

Usai acara penyambutan di BAPPEKO tim verifikasi meninjau secara langsung kelapangan diantaranya ke dinas perhubungan. Terminal Kerta Jaya kampung kelurahan Jagalan , SMPN 9 ,SMAN 3 , Karang Werda , kelurahan Gedongan, Taman Anti Narkoba ,TPA Randegan  dan beberapa lokasi yang menjadi sasaran penilaian lainya , penilaian di laksanakan hingga sore hari dan di akhiri dengan pemaparan jasil evaluasi verifikasi lapangan di Ruwangan Nusantara kantor pemkot Mojokerto. (Ifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here