KPU Sampang Gelar Acara Publikasi Hasil Sinkronisasi Dan Padanan DPT Pilkada Dengan DP4

0
24

Sampang, Sinar Pos

Bertempat di Aula KPU, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang mengadakan acara Publikasi hasil sinkronisasi atau padanan DPT Pilkada dengan DP4 Pemungutan suara ulang dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sampang tahun 2018 pasca putusan Mahkamah Konstitusi nomor : 37/PHP.Bup-XVI/2018.

Dalam acara tersebut  dihadiri oleh Bupati Sampang, H. Jonathan Judianto, Perwakilan KPU provinsi, Bawaslu Provinsi, Kabag Hukum KPU RI, Forkopimda dan Dinas atau instansi terkait, Perwakilan dari Paslon dan parpol pengusung calon, serta ormas setempat, Senin (24/09/2018).

Ketua KPU Kabupaten Sampang, Syamsul Muarif membuka acara publikasi hasil sinkronisasi/padanan DPT Pilkada Sampang tahun 2018 dengan DP4 sebagai bahan perbaikan DPT dalam pemungutan suara ulang (PSU) pemilihan Bupati dan wakil Bupati Sampang 2018 yang juga sekaligus menjadi moderator.

“Saya berharap pada PSU ini menjadi pembelajaran buat kita semua dan kedepannya menjadi lebih baik lagi dan membuat Sampang bersatu dan lebih maju,” terangnya.

Saat Divisi perencanaan dan data, Addy Imansyah menjelaskan tentang proses sinkronisasi atau padanan terlebih dahulu terhadap NIK dengan mengambil data DP4 dan DPT Pilkada yang akan di sinkronkan serta data yang tidak sinkron akan kembali diproses melalui beberapa tahapan.

“Data DPT 803.499 ribu dan data DP4 mencapai 662.673 ribu dari 14 kecamatan dengan hasil DPT in DP4 sebesar 423.167 dan DPT non DP4 sebesar 380.332,” terangnya.

Dalam sikronisasi atau pedanan juga mengambil data dengan membuka tabel analisa atas dasar pencarian NIK DPT sehingga keluar analisa DPT non DP4 dengan 3 variabel yang menghasilkan jumlah sebesar 24.750 ribu.

“Tiga variabel mencakupi Nama, Tempat, dan Tanggal lahir yang jumlah laki-laki 11.823 dan 12.927 perempuan dan juga dilakukan dokumentasi saat validasi,” imbuhnya.

Dengan bergerak cepat semenjak keputusan MK pada (05/09/2018), KPU Kabupaten Sampang secara langsung melakukan koordinasi dan mengidentifikasi segala kebutuhan ke KPU Provinsi dan selanjutnya meneruskan ke KPU RI untuk melaporkan kondisi yang di Kabupaten Sampang.

“Berdasarkan putusan dari MK meminta dengan cepat melakukan proses validasi DP4 dengan DPT dan akan diuji kembali di tiap kecamatan sampai tingkat desa,” ujar salah satu KPU Provinsi Jatim, Choirul Anam.

Dalam melakukan itu semua KPU Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan tenaga ahli IT untuk bisa meninjau terus pelaksanaan validasi sampai ditetapkan DPT dan proses lebih lanjut lagi dan akan diumumkan kembali sebelum ada rapat pleno DPT perbaikan.

“Saya berharap kepada teman-teman KPU Sampang untuk melakukan koordinasi setiap tiga hari dan bisa duduk bersama dengan para team Paslon, PPK dan PPS,  sehingga semuanya bisa sama-sama mengoreksi untuk menuju Sampang maju dan bersatu,” imbuhnya.

Team IT KPU Provinsi, Rochani yang juga mantan ketua KPU kota Batu Malang menerangkan proses pengerjaan perbaikan DPT tersebut bukan hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara saja, namun menjadi tanggung jawab semua pihak untuk bisa berperan aktif dalam melakukan pencermatan uji publik yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Dengan adanya uji publik ini bisa menampung kritik dan saran serta partisipasi masyarakat yang nanti akan banyak menampung kritik dan saran dari pihak masyarakat yang utamanya pasti dari tim kampanye paslon dan semua pihak terkait.

“Ayo kita uji data kita, apa yang telah dirumuskan KPU dan ada temuan dari tim kampanye, mari kita sandingkan bersama untuk mendapatkan kepastian hak pilih warga,” ujarnya. (san/pul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here