MERIAH” SURO AGUNG DENGAN KIRAP PUSAKA DAN BUDAYA PADEPOKAN JAGAD SENTOSA PERINGATI 1 MUHARRAM

0
103

Jombang, Sinar Pos

Pedepokan Jagad Sentosa merupakan  satu pedepokan Supranatural yang berada di Desa Pandan Wangi Kecamatan ,Kabupaten  Jombang di bawah asuhan Guru Besar Darmawan Dwi Prasetyo akrab di sapa Gus Iwan  dalam memperingati 1 Muharram 1440 H mengadakan kegiatan Suro Agung Kirap Pusaka dan Budaya,Sabtu (22/09/2018) bertempat di halaman Padepokan.

Padepokan Jagad sentosa sendiri berdiri sejak tahun 2005 ini kebersifat keagamaan dengan tujuan membekali para muridnya dengan ilmu supaya bermanfaat bagi masyarakat juga pada negara,serta pada seluruh muridnya Gus Iwan selalu mengingatkan kepada seluruh warga Padepokan untuk selalu mendekatkan dirinya  kepada Tuhan Y.M.E dan menjauhi larangan termasuk Molimo.

Mercury selaku Panitia mengatakan,”Kegiatan Suro agung kirap Pusaka dan benda bersejarah padepokan sekaligus kirab Budaya ini merupakan kegiatan rutin yang didalam padepokan setiap tahunnya tepatnya di bulan suro (Muharram).

“Tahun ini merupakan kegiatan yang ke 6 kalinya yang di adakan oleh Padepokan Jagad Sentosa,selain kegiatan Kirapa Pusaka dan Budaya jumat 21/09/2018 malam kita adakan kegiatan malam Do’a bersama yang di ikuti oleh seluruh warga padepokan Jagad Sentosa dari berbagai daerah di nusantara,” tambah Mercury.

Sebelum dimulainya Kirap terlebih dahulu dilaksanakan prosesi Sungkeman oleh Gus Iwan kepada ibundanya sebagai tanda bhakti terhadap orang tua dan dilanjutkan dengan prosesi penyerahan benda pusaka padepokan kepada para punggawa padepokan untuk dikirap keliling desa Pandanwangi.

Gus Iwan selaku Guru besar Padepokan Jagad Sentosa kepada awak media mengatakan.”Dalam hal spiritual  mendekatkan diri kita kepada Tuhan YME dengan menggali nilai luhur budaya bangsa untuk generasi penerus bangsa kita.biar nilai warisan leluhur tidak punah dan dapat di wariskan pada generasi selanjutnya.

“Dengan harapan kedepanya dengan majunya teknologi jangan sampai budaya warisan leluhur jangan sampai punah,” tambahnya.

kegiatan kirap ini sangat menarik perhatian warga setempat dan penonton yang berjajar di sepanjang jalan yang di lalui dengan menampilkan parade kereta kencan a pasukan berkuda serta kesenian tradisional lainya.

Irnawati salah satu warga yng datang dari desa tetangga kepada media sangat mengapresiasi acara ini saya senang bisa melihat acara ini setidaknya dapat memberikan pendidikan dan hiburan kepada anak anak saya,”ucapanya.

Kuswatin warga pandan juga mengatakan hal yang sama dan berharap setidaknya kegiatan semacam ini sangat di nantikan warga karena kegiatan ini tiap tahun di adakan oleh keluarga besar Padepokan Jagad Sentosa dan Gus iwan.”Pungkasnya.(Mer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here