PELATIHAN ODS DAN SDS, UPAYA MEMBANGUN E GOVERMENT KABUPATEN PEKALONGAN.

0
26

KAJEN, SINAR POS

Dalam rangka membangun E Goverment Kabupaten Pekalongan. Dinas komunikasi dan informatika (DINKOMINFO) kabupaten pekalongan mengadakan sosialisasi dan pelatihan Open Data System (ODS) dan Single Data System (SDS). Acara berlangsung di aula sekda lantai 3 yang diikuti oleh seluruh perwakilan OPD Kabupaten Pekalongan, Kamis (20/9).

“Tujuan dari acara ini untuk memberikan pelayanan data dan informasi publik kepada masyarakat Kabupaten Pekalongan yang valid dan akurat” ujar kepala bidang statistik Kominfo Kabupaten Pekalongan Ir. Sri Megawati, MM.

Kegiatan pelatihan dan sosialisasi  ODS dan SDS menghadirkan narasumber kepala BPS Kabupaten Pekalongan, Siti Mardhiyah MA. Selain itu, hadir juga kepala bidang statistik Diskominfo Jawa Tengah, Tubayuna AP, M.Si, sebagai narasumber kedua. Dalam acara ini, Kominfo Kabupaten menyampaikan bagaimana teknis dari OPS dan SDS kepada OPD Kabupaten Pekalongan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pekalongan, Anis Rosidi, S.Sos, M.Si. mengatakan SDS merupakan salah satu implementasi dari E Goverment. “SDS menjadi bagian penting dalam perencanaan daerah sehingga data dan informasi tetap update” Ujarnya. Selain itu Kepala Dinas juga menyampaikan pentingnya acara ini karena berhubungan dengan data.

Dalam sambutannya, kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pekalongan juga berharap, “kegiatan ini bisa menjadi forum diskusi terkait penyusunan standar data sehingga SDS yang kita miliki bisa valid dan dapat dinikmati oleh publik” ujarnya. Disamping itu, kepala Dinas Kominfo juga berharap agar OPD dapat mengelola dan memberikan kontribusi data sektoral sesuai dengan kewenangannya. Single Data System ini untuk menuju Kabupaten Pekalongan menjadi Smart Regency.(Slamet)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here