JOB FAIR MENEKAN ANGKA PENGANGGURAN

0
27

Pekalongan, Sinar Pos

Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Naker (DPMPTSP DAN Naker)  bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menggelar kegiatan Kajen Job Fair 2018 yang dilaksanakan mulai 4-5 September 2018 di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kajen yang beralamatkan di Jalan Mandurorejo Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Kepala DPMPTSP DAN Naker Kabupaten Pekalongan Edy Herijanto, S. Sos. menyampaikan bahwa Jumlah peserta kegiatan pameran kerja atau job fair. Diikuti sebanyak 30 Perusahaan yang terdiri dari tingkat nasional atau luar daerah dengan jumlah lowongan pekerjaan sebanyak 1.318 formasi.

Sedangkan untuk pelaksanaan Kegiatan Job Fair sudah menggunakan sistem Komputerisasi, dimana pencari kerja tidak perlu mengantri lagi pada saat pelaksanaan Job Fair. Melainkan pada jauh hari sebelumnya sudah melakukan pengisian data diri dan nomor handphone yang dilakukan secara online pada website duniakerja.com.

“Kemudian pada saat pelaksanaan Job Fair pencari Kerja cukup memasukkan nomor handphone yang sudah didaftarkan untuk check-in  dan melamar perusahaan yang diinginkan, tanpa membawa berkas apapun” tandasnya.

Bupati Asip Kholbihi dalam sambutan pebukaan menuturkan bahwa 2 tahun yang lalu, jumlah peserta pencari kerja sekitar 14.000. sedangkan di kabupaten pekalongan jumlah Kesempatan kerja sebanyak 9.000 sekian,  dan 2 tahun terakhir ini terserap sekitar 6500.

“Harapannya pada job fair kali ini dari 30 perusahaan akan menyerap Sekitar  1000 pekerja. Sehingga ini akan mengecilkan margin pencari kerja ke yang terserap”tandasnya.

Selain itu, bupati juga berharap agar kepala dinas terus mengabarkan tentang job fair dan terus menjalin hubungan kerjasama yang baik kepada perusahaan yang minat dengan kabupaten Pekalongan. Kedepannya job fair tidak hanya dilakukan untuk perusahaan dalam negeri, akan tetapi juga untuk lowongan kerja luar luar negeri.

“Nanti adek adek,  juga tahu kompetensi dari masing masing indivudu, ini berbasis kompetensi . Karena, disini ada 2 sekmen pemberian lapangan pekerjaan, yaitu 30 pekerjaan di dalam negeri. Kita juga akan membuka job fair untuk luar negeri”, ujar Bupati.

Bupati juga berpesan jangan lupa untuk menjaga nama baik, meningkatkan profesionalitas dan sikap dalam bekerja di perusahaan yang diminati serta bupati berharap para pencari kerja mampu terakomodir semua di 30 perusahaan yang ada di Job Fair hari ini.

Dalam acara peresmian Job  Fair hari ini (4/9) dihadiri pula oleh  MF Nurhuda (Staff Khusus Kementerian RI), Ketua DPRD Dra. Hj. Hindun, SH,.MH,Wakil BUpati Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti, Ketua Dekranasda Dra. Hj. Munafah, Sekretaris Daerah Dra. Mukaromah Syakoer, MM, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan beberapa unsur Forkompinda. (kontributor Slamet)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here