APRESIASI PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR TERHADAP INDUSTRI ANIMASI

0
23

SURABAYA, SINAR POS

31 Agustus 2018 – Animasi Festival Jawa Timur 2018 diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur dengan mengangkat industri kreatif dalam bidang animasi. Malam penanugerahan kompetisi ini dilaksanakan di Atrium East Rotunda, Grand City, Surabaya.

Kompetisi animasi ini diikuti sekitar 230 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Hal ini membuktikan bahwa industri kreatif sudah mulai tersebar dan berkembang di berbagai daerah. Seperti yang kita tahu, industri kreatif merupakan hal yang menjanjikan dan menarik untuk dikembangkan.

Dalam animasi festival tahun ini dibagi menjadi dua kategori peserta yaitu kategori umum dan kategori pelajar. Dalam kelas umum dibagi menjadi beberapa kategori yaitu Animasi Pendek 2D/3D/Mixed , Iklan Teaser, Mobile Game Edukasi, Mobile Game, Mobile Apps Market Place. Pada kelas pelajar, dibagi pula menjadi beberapa kategori yaitu Animasi Pendek 2D/3D/Mixed, Iklan teaser, Ide Cerita dan Storyboard.

“Jawa Timur  ingin mengembangkan satu ekonomi kreatif yang basisnya adalah industri digital. Hari ini memang salah satu dari industri digital yaitu animasi yang dikembangkan di Jawa Timur”  dalam sambutan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Drajat Irawan, SE., MT. pada Malam Penganugerahan Animasi Festival 2018 (31/08).

Beliau berharap ke depan juga akan lebih mengembangkan desain komunikasi visual dan juga mengupayakan software-software aplikasi yang akan dkembangkan termasuk juga berbagai desain produk yang digital. “Harapannya jawa timur dengan industry digital ini akan masuk investasi hardwarenya,  kompenen telematika bisa masuk,  teknologinya bisa masuk, sdmnya akan bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Brawijaya dan beberapa perguruan tinggi lain. Sehingga terintegrasi antara investasi, teknologi dan pasar” ucap Bapak Dr. Ir. Drajat Irawan, SE., MT selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur.

Salah satu tujuan diadakannya animasi festival 2018 adalah “menumbuhkan semangat baru bagi kemajuan animasi Jawa Timur dalam lingkup ekosistem animasi sehingga bisa memberikan motivasi, semangat berbagi, dan menularkan pengetahuan di industri animasi, yang dapat menghasilkan regenerasi berikutnya dari pelaku animasi yang semakin maju dan melalui inkubasi bisnis animasi” ucap Kepala Bidang Non Agro Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Drs. M. Munif, MM  selaku Ketua Panitia Penyelenggara Animasi Festival 2018.

Animasi Festival 2018 mengangkat berbagai perkembangan dunia animasi yang beriringan dengan maraknya perkembangan dunia digital. Pada kategori-kategori yang ada, diharapkan para animator mampu bersaing dengan mengangkat dunia digital yang dikemas secara lebih kreatif sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi. (Nwi).
 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here