Pemkab Siapkan Sarana dan Prasarana Pengelolaan Sampah

0
79

Sidoarjo, Sinar Pos

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-dunia tahun 2018, Bupati Sidoarjo memberikan penghargaan pemenang kepada sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Sidoarjo dan Duta Lingkungan pada malam penganugerahan Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2018 Kabupaten Sidoarjo di Alun – alun Sidoarjo, Sabtu malam (25/8).

Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-dunia Kabupaten Sidoarjo Tahun 2018 yang mengambil tema “Kendalikan Sampah Plastik” ini, merupakan wujud aksi masyarakat sidoarjo dalam memerangi permasalahan sampah yang hingga saat ini masih menjadi masalah yang krusial di Kabupaten Sidoarjo. Dan tema ini juga mengandung arti bekerja sekuat tenaga dalam memerangi, dan mengelolah sampah dengan baik.

Plt. Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo Drs. Thoriquddin, M.Si melaporkan bahwa malam penganugerahan Hari Lingkungan Hidup se-dunia ini merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup. Dalam puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup ini juga digelar pasar rakyat dan Pameran kreatif yang dimulai pada tanggal 23 – 26 Agustus 2018

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang lingkungan

Hidup, serta mengajak masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk melestarikan alam kita demi kepentingan saat ini dan generasi mendatang

“Selain itu juga untuk menggugah kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang pada saat ini cenderung kurang baik dan meningkatkan peran aktif masyarakat Kabupaten Sidoarjo mulai dari pribadi dan komunitas dalam mengelola sampah dalam mewujudkan “Indonesia Kelas Sampah Tahun 2020”, jelas Thoriq.

Penghargaan yang diberikan pada puncak peringatan Hari Lingkungan Se- dunia ini adalah Penghargaan Sekolah  Adhiwiyata Tingkat Kabupaten Sidoarjo. Sekolah yang mendapat penghargaan Adhiwiyata ini diantaranya SDN Larangan Candi, SDN Sedatigede I, MI Hasanudin Gedangan, SMPN 1 dan 2 Buduran, SMPN 3 Porong, MTsN Tlasih Tulangan, SMP PGRI 10 Candi, SMKN 2 Buduran, SMA Al Muslim Waru, dan MA Nurul Huda Sedati, mendapatkan sertifikat.

Untuk Duta Lingkungan diikuti oleh para pelajar tingkat SMA / MA se-Kabupaten Sidoarjo yang mendapat piala dan uang pembinaan.  Juara I diraih oleh Cahyo Febri wijaksono  SMAN I Waru dan Windy Arselina Jaya SMAN I Taman

Bupati Saiful ilah, sangat senang dan bangga dengan pelaksanaan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia dengan berbagai penghargaan pelestarian lingkungan yang diberikan pada malam hari ini. Hal ini menandakan adanya kepedulian masyarakat Sidoarjo terhadap sampah walaupun belum seluruhnya.

Dan tahapan – tahapan kemajuan penanganan, perlindungan dan pengelolaan lingkungan di Kabupaten Sidoarjo telah menunjukkan hasil yang nyata sehingga kita semua bisa lebih memahami tindakan – tindakan kita dalam pengelolaan lingkungan hidup. Dimana lingkungan kita saat ini membutuhkan upaya perlindungan yang sangat signifikan dan optimal untuk keberlanjutan generasi kita yang akan datang.

Pengelolaan sampah ini harus dilakukan secara kolaborasi semua pihak antara Pemerintah, masyarakat dan dunia usaha atau pihak – pihak swasta lainnya. Oleh karena itu diperlukan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan nsampah yang dimulai dari pengelolaan sampah di rumah tangganya sendiri, dalam rangka mewujudkan Sidoarjo terbebas dari sampah.

“Pemerintah akan menyiapkan sarana prasarana pengelolaan sampah diantaranya adalah Tempat Penampungan Sampah (TPS), TPS 3R, Tempat Penampungan Sampah Terpadu (TPST) skala kawasan dan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA),” terang Abah Ipul.

Selain itu pemerintah juga melaksanakan pembinaan secara intensive ke setiap Satgas Lingkungan atau Kader – kader Lingkungan. Momentum peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia ini diharapkan dapat menambah semangat kita untuk senantiasa memp[erbaiki diri untuk berperilaku adil terhadap lingkungan kita khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan. (Awi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here