Plh Bupati Tulungagung Buka Peringatan Hari Anak Nasional ( HAN ) 2018

0
32

Tulungagung , Sinar Pos

Peringatan Hari   Anak Nasional ( HAN ) 2018 digelar di Pendopo Kongas Arum Kusunaning Bongso, Rabu, 29/08/2018. Acara ini dimulai pukul 08.00 dan di buka langsung Plh Bupati Tulungagung Indra Fauzi. Peringatan HAN 2018 ini dengan tema Anak Indonesia Anak Genius, Genius; Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat ( Genius ).

Dalam sambutannya , Indra Fauzi menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan HAN 2018. Diantaranya , Plh Bupati Tulungagung Indra Fauzi mengatakan peringatan HAN dilakukan sebagai upaya menjamin hak anak . Yakni hak hidup, tumbuh kembang , mendapat perlindungan terhadap kekerasan serta diskriminasi .

Indra Fauzi menjelaskan Tulungagung enam kali mendapat penghargaan sebagai Kabupaten layak anak. Yakni kategori Nindya,penghargaan dari pemerintah pusat.Indra Fauzi berpesan dengan dapatnya prestasi ini jangan sampai membuat terkena , melainkan harus terus ditingkatkan. ” Dengan prestasi itu jangan sampai membuat terlena, melainkan harus terus ditingkatkan, ” jelas Indra Fauzi.

Di Tulungagung   sudah ada layanan atas kasus yang menimpa perempuan dan anak melalui tim koordinasi dari berbagai sektor. Diantaranya Dinas Sosial KKB PP dan PA, polisi , Kejaksaan , Pengadilan  , LPA, Dinkes , Disdikpora, Dispendukcapil dan unsur lain yang terkait. Selain itu juga ada pusat pelayanan terpadu perlindungan perempuan dan anak ( PPT – PPA) , unit layanan terpadu perlindungan sosial anak integratif ( ULT -PSAI) dan pusat pembelajaran keluarga ( PUSPAGA).

Dalam kesempatan tersebut , Plh Indra Fauzi juga mengukuhkan Dewan Perlindungan Anak masa bakti 2018 – 2019, beranggotakan para pelajar . Selain itu juga menyerahkan  secara simbolis bantuan alat peraga edukatif ( APE) kepada beberapa Taman Kanak – Kanak ( TK ) dan pendidikan anak usia dini ( PAUD).

Peringatan HAN 2018 di kabupaten Tulungagung sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap pemenuhan hak anak , sesuai Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Perlindungan Anak, untuk dijaminkan terhadap hak -haknya dan perlakuan tanpa kekerasan , eksploitasi dan diskriminasi . Pada peringatan HAN 2018 di Tulungagung ini dimeriahkan berbagai penampilan siswa. Seperti tari – tarian , menyanyi dan sebagainya.(Har)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here