Masyarakat Desa Munggu Gebang, Laksanakan Sedekah Bumi

0
179

Gresik, Sinar Pos

Bertempat di rumah (kasun) kepala Dusun Munggu Gebang, Warga masyarakat dusun telah melaksanakan tradisi tahunan dengan acara sedekah bumi dan di hadiri oleh anggota koramil, kades Munggu Gebang, perangkat Munggu Gebang, BPD, LPMD, RW, RT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta ibu PKK, Sebelum acara di mulai masyarakat dusun Munggu Gebang melaksanakan acara kirab alias arak-arakan keliling kampung sambil bahwa tumpeng raksasa.

Tumpeng di buat dari hasil panen warga, semacam terong ,ubi kayu,dan tumpeng di hiasi dengan buah-buahan setelah kirab keliling kampung, masyarakat menuju rumah (kasun) kepala Dusun Bapak Wahyudi  setelah datang semua warga kirab acara dimulai dengan diawali pembukaan diteruskan Tahlilan bersama.

Warga beserta undangan yang hadir sama-sama kirim Do’a yang di tujukan kepada leluhur masyarakat desa, acara semua bersama awal dan akhir diteruskan oleh sambutan kepala Desa Munggu Gebang H. Warianto, S.E, Kepala desa mengucapkan rasa berterimakasih¬† pada kepala Dusun bersama warga yang telah melaksanakan acara ini sedekah bumi rutinan tahunan adat warisan dari nenek moyang kita.

Dengan adat ini bisa di lestarikan bisa guyup rukun saling tolong menolong, mudah-mudahan setelah ruwat sedekah bumi ini masyarakat dusun Munggu Gebang diberi panennya berlimpah ruah, dan yang dagang diberi rezeki yang banyak, mudah-mudahan dusun Munggu Gebang semakin maju dan sejahtera, awal dan akhir ditutup dengan do’a dan di lanjut pada malam harinya di gebyarkan acara wayang kulit dengan kidalang Sater dari wilayah Balong Panggang.(Ram)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here