Upacara dan Rangkaian Kegiatan HUT RI ke-73 Tahun 2018 Pemkab Mojokerto

0
99

Mojokerto, Sinar Pos

Kerja Kita Prestasi Bangsa

Wakil Bupati Mojokerto, Pungkasiadi, menjadi inspektur upacara dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia Tahun 2018 yang mengangkat tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa” bertempat di halaman kantor Pemkab Mojokerto, Jumat (17/8) pagi.

 Acara dimulai pukul 10.00 WIB tepat, ditandai Peringatan Detik-detik Proklamasi dengan bunyi sirine selama semenit. Dilanjutkan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ismail Pribadi.

 Prosesi pengibaran dijalankan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang diseleksi secara ketat dari siswa SMA/SMK/MA Negeri/Swasta berprestasi se-Kabupaten Mojokerto.

 Upacara penurunan bendera masih dilakukan di hari dan tempat yang sama, yakni sore pukul 16.30 WIB dipimpin Komandan Kodim 0815/Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, sebagai inspektur upacara.

Seluruh prosesi upacara ditutup resepsi kenegaraan pada malam hari pukul 19.00 WIB di Pendopo Graha Majatama. Wakil bupati Pungkasiadi, dalam acara ini mengajak semuanya untuk berbahagia dan bangga, akan prestasi cemerlang pemuda-pemudi Indonesia di berbagai ajang kompetisi internasional.

 “Pemuda-pemudi Indonesia telah banyak mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Ini sangat membanggakan dan memperkuat keyakinan kita akan kekuatan intelektual dan kreativitas putra-putri Indonesia. Inilah makna yang terkandung dalam tema HUT RI ke-73 yakni “Kerja Kita Prestasi Bangsa”, yang di dalam perayaan tahun ini kita dipercaya sebagai tuan rumah Asian Games ke-18,” jelas wabup.

Dalam resepsi ini juga diumumkan beberapa penghargaan penting antara lain Koperasi Berprestasi Jenis Pemasaran Tingkat Nasional Tahun 2018 kepada KUD Tani Bahagia Kec. Gondang, Passing Grade Nasional Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Nasional kepada Hemas Hendaru Larasati SMPN 1 Ngoro, Passing Grade Nasional Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tingkat Nasional kepada Al Hafidz Ramadhan SMPN 1 Bangsal, Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Tingkat Provinsi Jawa timur Kategori Posyandu kepada Ds. Pacing Kec. Bangsal,  juara I Karate Putra Tingat Provinsi Jatim kepada Victor Belva Ananta siswa SDN Ketapanrame Kec. Trawas, juara II Sepak Takraw Putri Tingkat Provinsi Jawa Timur kepada SDN Sumengko Kec. Jatirejo, juara III 200 M Surface Putra Tingkat Provinsi Jawa Timur kepada Surya Sahal Aksanu siswa SD Al-Akbar Bangsal, Harapan III Bulu Tangkis Putra Tingkat Provinsi Jawa Timur oleh Aay Wijaya Pratama SDN Sooko 2 Kec. Sooko, Kategori Penyaji Terbaik Tk. Provinsi Jawa Timur Lomba Dalang Bocah oleh Sri Bawono Kusdi Waluyo SDN Betro 1, Kategori Penyaji Terbaik Tk. Provinsi Jawa Timur Lomba Dalang Bocah oleh Daffa Afriza Reza SMPN 1 Dawarblandong, Kategori Catur Terbaik Tk. Provinsi Jawa Timur Lomba Dalang Bocah oleh Rizki Tri Fikrianto SMPN 1 Dawarblandong, Kategori Catur Terbaik Tk. Provinsi Jawa Timur Lomba Dalang Bocah oleh Muhammad Siswoyo SMPN 1 Bangsal. Lomba Pengembangan Ekonomi Kreatif Unggulan Kab. Mojokerto kategori Desain Produk oleh Candra Arum Bachtiar sebagai juara I, juara II oleh Fajar Laksana dalam kategori Seni Pertunjukan, dan Candra Hertadi sebagai juara III kategori  Kriya. Juara I Lomba Gugus Tugas PPA oleh Desa Padusan Kec. Pacet, Juara I Lomba UP2K PKK oleh Ds. Gunungsari Kec. Dawarblandong, Juara I Lomba Pembuatan APE KREATIF oleh Kecamatan Pacet, Lomba Kebersihan dan Menghias Gapura Bernuansa Hari Kemerdekaan RI ke 73 dan Asian Games 2018 oleh Ds. Tambakagung Kec. Puri sebagai juara I, Juara II oleh Ds. Betro Kec. Kemlagi dan Juara III oleh Ds. Pekuwon Kec. Bangsal.

Resepsi Kenegaraan dimeriahkan persembahan tari berjudul “Melati di Tengah Bara Api” karya Erlis Yulia Susanti, dan drama musikal berjudul “Balada Sang Merah Putih” karya S. Raharja bersama SMP Negeri 1 Dawarblandong.

Rangkaian seluruh acara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, dimulai dengan Pengukuhan Paskibraka pada Rabu (15/8), Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, dalam rangka mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia di ruang rapat Graha Whicesa gedung DPRD Kabupaten Mojokerto pada Rabu (16/8),  serta Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajah Mada tepat pukul 24.00 WIB sebelum hari H.(Ifa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here