Lomba Masak Tradisional Peringati HUT RI Ke 73

0
50

BANYUWANGI, SINAR POS

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ( HUT ) Kemerdekaan Republik Indonesia ( RI ) Ke 73, Panitia HUT Kecamatan Singojuruh gelar Lomba Memasak yang pesertanya adalah ibu – ibu PKK dari 11 Desa se Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi.

Yang diperlombakan adalah jenis masakan yang bahan dasar olahannya dari daun kelor. Peserta diminta untuk mampu mengolah bahan dasar daun kelor menjadi beberapa jenis masakan. Kriteria penilaiannya terdiri dari rasa, penampilan, dan kandungan gizi.

Dalam lomba memasak kali ini dari hasil penilaian Tim Juri dimenangkan oleh PKK Desa Kemiri sebagai Juara I dengan nilai total 235, selanjutnya Juara II PKK dari Desa Alasmalang dengan nilai 230, dan Juara III digondol oleh PKK Desa Benelan Kidul dengan nilai total 220.

Dalam konfirmasinya Camat Singojuruh Mohammad Lutfi, S.Sos, M.M.Si diperoleh menyampaikan.

” Lomba memasak tradisional artinya jenis masakan seperti geseng kelor, peyek kelor, nuget kelor dan lain lain.  Lomba ini diadakan sebagai tindak lanjut meningkatkan wisata angklung yang saat ini  lagi kita rilis. Dan lomba ini diikuti oleh 11 desa se Kecamatan Singojuruh mas. Adapun sebagai bahan dasarnya adalah sayuran dari daun kelor. Kenapa memakai bahan dasar masakan dari daun kelor ..? Karena daun kelor banyak kandungan gisinya, kandungan organik yang luar biasa. Dan kelor ini juga untuk meningkatkan gizi anak anak, ” jelasnya di Pendopo Kecamatan Singojuruh.

Ditambahkan oleh Camat Lutfi, bahwa hikmah yang diambil dari semua kegiatan Agustusan ini adalah, ” Bagaimana kita semua bisa menauladani rasa cinta tanah air dan semangat kebangsaan para pejuang pendahulu kita sehingga terwujud sebuah kemerdekaan ini. Sementara kita sebagai penerusnya yang tidak terlibat langsung dalam sebuah pengorbanan besar di masa itu, maka kita harus menjawab dengan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik – baiknya mas, ” imbuh Camat akhiri penyampaiannya.(Hrs).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here