Sosialisasi Perlindungan Konsumen di Kota Blitar

0
81

Blitar, Sinar Pos

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia ( YLK I) Blitar dan DPD JPKP Blitar Raya menggelar sosialisasi perlindungan konsumen di Cave 45 , timur SPBU Kebonrojo ,Blitar Kamis, 09/08/2018. Sosialisasi perlindungan konsumen di hadiri para pengurus DPD JPKP Blitar Raya dan YLKI di Blitar. Sosialisasi ini digelar karena banyaknya konsumen yang hak – haknya tidak terpenuhi dengan baik, bahkan sering terjadi pelanggaran oleh pelaku usaha. ” Selama ini banyak konsumen yang belum mengetahui hak – haknya, ” Kata Sugeng Widodo, S.Pd Ketua DPD JPKP Kota Blitar.

Sugeng Widodo mengatakan sosialisasi dengan Kepala UPT Perlindungan  Konsumen Disperindag Propinsi Jawa Timur Wilayah Malang  tersebut diharapkan masyarakat menjadi koncer ( Kunsumen Cerdas) menurut UU PK No.8 Tahun 1999 yang mengetahui hak dan kewajibannya dengan benar, sehingga tidak mudah dipermainkan oleh pelaku usaha.  Sebagai suatu lembaga masyarakat dengan pemahaman tentang UU PK no.8 tahun 1999 diharapkan dapat memberikan pendampingan terhadap permasalahan penindasan Hak Konsumen oleh pelaku usaha(Perbankan , Finance, Koperasi, PLN,BUMD, Produk industri dan lain – lain. ” Kami berharap DPD  JPKP Blitar Raya dapat mendampingi para   konsumen , sehingga dapat terlindungi hak – haknya, ” Ungkapnya.

Lucky sebagai narasumber dari UPT BPSK Malang memberikan edukasi kepada para  peserta sebagai upaya preventif terhadap potensi permasalahan yang berkembang dimasyarakat. Menurutnya sosialisasi ini diharapkan memberi pemahaman perlindungan Kunsumen, supaya hak  – hak konsumen dilindungi oleh undang – undang. Dia mengatakan pelaku usaha juga harus fahami aturan main dalam menjalankan usaha. Maksudnya menghindari merugikan konsumen hingga tidak menimbulkan perselisihan.” Jika konsumen merasa dirugikan ,segera laporkan ke Dinas Perdagangan atau Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen ( BPSK),” Jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut DPD JPKP Blitar Raya melaporkan penyelesaian sengketa konsumen dengan pelaku usaha PT.Adira Finance ke UPT PK Disperindag Jatim wilayah Malang untuk mendaftarkan ke sidang perdata difasilitasi BPSK. ” Kami berharap sosialisasi ini sangat bermanfaat, sehingga hak – hak mereka sebagai konsumen tidak dilanggar oleh pelaku usaha, ” Ungkap  Drs. Dadik Setiyo Wahyudi, Ketua YLKI Blitar.

Sementara itu Ketua DPW JPKP Jawa Timur, Agung Darutomo mengapreasi DPD JPKP Blitar Raya yang telah menggelar sosialisasi perlindungan konsumen di kota Blitar. Menurutnya kegiatan penyuluhan semacam ini harus digalakkan melalui JPKP. ” Kegiatan senacam ini bisa mengedukasi kita supaya melek hukum, apalagi praktek arogansi oknom yang tidak bertanggung jawab marak terjadi, ” Jelasnya.( Har / Nas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here