Semarak Bersih Desa Pandantoyo Tahun 2018

0
70

Nganjuk, Sinar Pos

Seluruh Elemen Masyarakat Desa Pandantoyo, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk, berebut tumpeng dalam upacara nyadran (bersih desa) untuk sedekah bumi yang digelar di desa tersebut, Kamis (02/8).

Mereka beranggapan makanan yang dia dapatkan dari tumpeng tersebut dapat membawa berkah dan keselamatan.

Acara adat ini dilakukan guna melestarikan budaya yang merupakan warisan dari para leluhur dan hal ini perlu dikembangkan di masa-masa mendatang.

Upacara sedekah bumi yang diselenggarakan merupakan wujud syukur warga atas rezeki dan hasil bumi yang telah di berikan oleh Sang PenciptaNya.

Arakan tumpeng yang berisi hasil bumi itu, diarak mengelilingi Desa Pandantoyo khususnya Dusun Jabon menuju makam sesepuh atau biasa disebut orang jawa (cikal bakal desa tersebut) dan suasanapun menjadi semarak serta meriah tatkala terjadi saling dorong antar warga yang berebut tumpeng. “Semua saling berebut untuk mendapatkan berkah. Ya memang saling dorong untuk endapatkan tumpeng, tapi tidak apa-apa,” ujar salah seorang warga yang ikut berebut tumpeng.

Menurut Kepala Desa Pandantoyo, Firman Hidayat menyampaikan bahwa acara bersih desa ini, rutin dilakukan setiap tahunnya setelah panen kedua (walik’an). “Bersih desa merupakan wujud syukur masyarakat kepada sang Pencipta yang telah memberikan nikmat dari hasil bumi, dan tumpeng merupakan gambaran dari hasil bumi yang telah kita dapatkan untuk di bagi bagikan kepada sesama,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dalam acara tersebut juga dimeriahkan dengan acara pentas seni tari dan elecktone. “Semua itu untuk hiburan warga mas dengan harapan agar kesenian daerah terangkat keberadaannya.” tegas Firman.(agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here