Loka Karya Cascada HIV

0
126

Surabaya, Sinar Pos Dinkes Jatim gelar lokakarya Cascada (Dashboard Cascade Generator) Automatisasi Laporan LBDHA kohort dan Viral load HIV/Aids di Surabaya Senen (5/8) hingga Sabtu (11/8).

Kepala seksi P2PM Dinkes jatim Murtini SKM MMKes menyatakan Lokakarya ini sangat berguna untuk prov jatim. ini mendukung dari tujuan pengendali HIV, tujuan utamanya kita ada Trisirit 909090. 90 masyarakat yang kemungkinan menjadi HIV kemudian yang diberikan obat ARV, kemudian yang diberikan Arv 90 persen halrus kr supresi, artinya dapat ditekan virusnya, tidak menularkan lagi, menjadi lemah. ujarnya.

HIV tidak bisa disembuhkan total, tapi virusnya ditekan agar jangan sampai memperparah dirinya sendiri juga jangan sampai menularkan kepada orang lain.

Kalau si A, dengan si B berhubungan, ini memungkinkan tertular, namun terdeteksinya itu memerlukan waktu 10 tahun baru terdeteksi, jadi sebelum 10 tahun, kalau dia ada HIV nya, ada HIV, di tubuhnya, dia masih bisa ber aktifitas seperti biasanya. gejalanya HIV tidak ada, justru gejala ikutannya yang ada, jadi kalau terkena HIV, daya tahan tubuh jadi lemah, jadi kalau dia terkena penyakit yang lain akan mudah sekali karena daya tahan tubuh lemah tadi. yang kuat paling banyak Tbc akan mudah sekali terserang, jadi menurut data memang penyakit ikutan terbanyak TBC.

Jatim ditemukan terbanyak di indonesia, paling tinggi penemuan, bukan berarti paling tinggi itujelek, justru kita mendaparkan kasus kasus yang belum ditemukan, kita temukan kemudian dilakukan pengobatan sehingga pasen tersebut tidak menularkan lagi.

Dulu hanya beberapa layanan yang bisa melayani Hiv, tetapi dari tahun ketahun kita selalu menambah layanan supaya bisa melakukan layanan yang baik.

Ini kita dalam proses pembahasan perda, tahun ini anjuran dari DPR, liata harus ada perda, diharapkan tahun 2018 ini sudah jadi perdanya.

Pasen HIV di jatim 8.215 tahun 2017 (pasen baru ditemukan). diharapkan kalau semua ditemukan dilakukan segera untuk mendapatkan Arv. Maka ini di Puskesmas dilakukan latihan PDP itu salah satunya untuk mengembangkan bagaimana supaya pasen itusegera di obati tutur Murtini. (Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here