Kemeriahan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Blitar

0
76

Blitar, Sinar Pos

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Blitar tahun ini sangat spesial,karena  selain Kabupaten Blitar memperoleh prestasi baik ditingkat regional maupun tingkat   nasional, pelaksanaan event rangkaian hari jadi tahun ini  terasa padat. Kirab hari jadi dan Panji – Panji lambang daerah dibawa keliling ketempat – tempat wisata di kabupaten Blitar. Diantaranya candi Penataran ,bukit pertapaan, candi simping,ke gong kyai Pradah dan candi Sawentar.

Puncak peringatan hari jadi Kabupaten Blitar ke – 694 digelar pada hari Minggu, 05/08/2018 yang dikenal dengan Pisowanan Agung.

Sekitar pukul 7 pagi peserta kirab di berangkatkan dari Pendopo Sasana Adhi Praja menuju Alon – Alon Blitar . Pisowanan Agung diikuti semua perangkat  daerah , baik perangkat kecamatan maupun desa menggunakan pakaian adat .Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo bertindak selaku inspektur upacara di Alon -Alon Blitar. Dilanjutkan dengan acara inti penerimaan dan persemayaman kitab sejarah dan Panji lambang daerah kepada Bupati Blitar di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar . Barisan belakang setelah rombongan pengiring Panji – Panji tersebut diusung dua tumpeng  raksasa yang di tandu oleh beberapa orang. Adapun tumpeng yang diusung mempunyai makna yakni tumpeng Lanang yang terbuat dari nasi kuning lengkap dengan lauk pauknya serta tumpeng wadon yang terbuat dari buah – buahan .Maksud dua tumpeng sebagai lambang ungkapan rasa syukur atas kemakmuran yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada masyarakat Blitar. Selain itu sekaligus perwujudan doa agar datangnya musim kemarau kali ini tidak berkepanjangan dan segera turun hujan .Sehingga hasil panen melimpah ruah.

Usai prosesi pisowanan agung Bupati Blitar mengatakan obor Asian Games 2018 merupakan lambang semangat bagi cabor – cabor , dengan harapan bisa mengukir tinta emas. ” Dengan Hari jadi  ini kita maklumi dengan semboyan dan spirit huruf habangun Projo, huruf bisa diartikan api yang menyala – nyala  sebagai semangat yang menggelora untuk membangun daerah ,” Kata Bupati Blitar  Riyanto.

Bupati Blitar H.Drs H. Riyanto, MM mengajak masyarakat untuk bersama -sama membangun daerah. Selain itu juga mengajak Aparatur Sipil Negara ( ASN) untuk  meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Semua Stakeholder harus memberikan yang terbaik kepada masyarakat. ” Sesuai tema, Dengan semangat  Hari jadi Kabupaten Blitar ke -694 dan Hari kemerdekaan RI ke – 73 tahun 2018 , kita tingkatkan prestasi menuju masyarakat , maju dan berbudaya saing, maka Bupati Blitar berharap kedepan pelayanan pemerintah Kabupaten Blitar bisa semakin baik dan berkualitas, baik dan berkualitas , baik dalam menyelenggarakan pemerintah serta memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kewajiban yang lain seperti bidang kesehatan dan pendidikan, ” Ungkapnya.

Bupati Blitar mengatakan pada peringatan hari jadi Blitar tahun ini spesial , karena kabupaten Blitar meraih prestasi yang membanggakan, baik ditingkat regional maupun tingkat nasional.” Tahun ini kita mengejar prestasi, tentunya dengan membangun pemerintahan yang baik, selama dua kali   berturut – turut kita mendapat predikat WTP dari BPK. Kemudian penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Padapa pada tahun 2016 meningkat menjadi Swasti Bapa Wiwerda pada tahun ini. Yang terbaru penghargaan Kabupaten layak anak yang kita peroleh meningkat menjadi Madya, ” Jelas Bupati Blitar.( Har/Nas/ Adv/Humas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here