MENHAN:KITA DALAM SETAHUN MAMPU BUAT 30 KAPAL PERANG

0
20

Banyuwangi, Sinar Pos

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu mengatakan kunjungannya ke PT Lundin Banyuwangi melihat kemajuan apa yang telah di capai. “Ternyata sangat baik, ini membanggakan saya sebagai menteri pertahanan, dan bangsa ini. Kita telah mampu membuat kapal bagus dan canggih yang sudah di pesan oleh negara negara lain di dunia,” ujarnya Sabtu (28/7/2018) di PT Lundin Banyuwangi.

Ia menambahkan produk PT Lundin yang telah sama dengan produk negara-negara besar. Menurutnya idustri Kapal di Indonesia puluhan jumlahnya hingga mencapai 30. “Bayangkan jika keadaan darurat kita bisa membuat 30 kapal perang dalam setahun,” tuturnya.

Sedangkan untuk tank boat Antesana yang di buat oleh PT Pindad dan PT Lundin menurut mantan Kasad ini akan di pakai di Indonesia terutama di wilayah sungai sungai dalam dan besar, misalkan di kalimantan atau di Papua. “Ada koreksi saya setahun lalu, meriam tidak usah besar besar, jika meriam besar itu urusan TNI AL yang ada di laut” terangnya. “Kita pesan 1 dulu jika bagus pasti orang lain akan pesan,” ujar Ryamizad.

Menurutnya produksi kapal dalam negeri memang jumlahnya puluhan namun yang di pilih hanya beberapa termasuk PT Lundin baik di pakai dan tempatnya yang tepat di dekat laut.

Sementara itu direktur utama PT Pindad Abraham Moze mengatakan kerjasama PT Pindad dengan PT Lundin arahan dari Kementrian pertahanan dalam hal ini dirjen pothan. “Tadi kita lihat sama sama prototipe yang sudah jadi, mudah mudahan di tahun ini bisa jadi dan bisa di louncing tahun depan untuk tank boat Antasena,” ujarnya. “Sejak tahun kemarin staf PT pindad ada di PT Lundin Banyuwangi, kami membangun canonnya dan mereka membangun rangkanya, teknologi komposait dan kecapatan 40 knots dan dilengkapi dengan meriam,” pungkasnya. (Hrs)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here