Nguri-uri Tradisi, Warga Dusun Paldaplang-Jogomerto Gelar Bersih Desa

0
278

Nganjuk, Sinar Pos 

Warga Dusun Paldaplang, Desa Jogomerto, Kecamatan Tanjung Anom, Kabupaten Nganjuk menggelar tradisi bersih desa demi melestarikan budaya dan dilaksanakan pada (19 – 23) Juli 2018.

Tradisi Bersih Desa ini rutin dilakukan oleh warga pada setiap setahun sekali. Acara ini disemarakkan dengan berbagai acara, misal; pada hari kamis (19/7) diadakan acara Khotmil Qur’an dan Selamatan Tahlilan, hari jumat (20/7) acara Spontanitas dari warga Dsn. Paldaplang dan Senan Ibu – Ibu Lintas Kecamatan, Hari Sabtu (21/7) Arak-arakan Reog, Drumband dan lainnya, Hari Minggu (22/7) Sema’an Al Qur’an MANTAB Warga Tanjung Anom dan ditutup Hari Senin (23/7) dengan acara Pengajian Umum “KH. DURI ASYAHARI” dari Semarang serta Musik Qosidah.

Kepala Dusun Paldaplang, Sumiati menyampaikan, Bersih Desa ini merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan oleh warga Jogomerto khususnya Dusun Paldaplang. Bersih Desa ini dimaksudkan untuk nguri-uri atau melestarikan tradisi dan budaya yang ada di masyarakat. “Tradisi Bersih Desa ini rutin digelar setiap tahun, bersih desa ini sebagai wujud rasa syukur warga atas berkat yang diterima dari Tuhan. Acara ini juga untuk melestarikan tradisi agar tidak hilang dan dilupakan masyarakat,” katanya.

Lebih lanjut, Sumiati berharap dengan diadakannya kegiatan bersih desa ini bisa menjalin silahturahmi antar warga. “Terima kasih saya ucapkan kepada pihak-pihak terkait dengan suksesnya acara bersih desa ini. Semoga dengan hal ini menjadikan kita lebih kompak dalam memajukan Desa Jogomerto.” Tegas Sumiati

Tradisi Bersih Desa ini diadakan sebagai bentuk untuk merawat budaya lokal dan merajut toleransi antarumat beragama di Desa Jogomerto. (agung)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here