KIRAP GUNUNGAN HASIL BUMI MERIAHKAN SEDEKAH DUSUN PANDANWANGI JOMBANG.

0
76

Jombang, Sinar Pos

Ribuan orang mengikuti kirab budaya yang digelar sebagai bentuk syukur melimpahnya hasil bumi di desa Pandanwangi Kecamatan/Kabupaten Jombang Senin(26/7/2018).

Gunungan raksasa yang berisi sayuran, buah-buahan, dan aneka hasil pertanian itu diarak keliling kampung sebelum diperebutkan warga.

Kirab gunungan yang digelar warga Dusun Pandanwangi banyak menarik perhatian warga,karena di depan gunungan di awali dengan grob Drum band dari SDN Pandanwangi dan kesenian tradisional.

Sementara itu yang menarik dalam acara tersebut warga  yang mengikuti acara semua menggunakan busana adat jawa timur.

Purnomo selaku panitia penyelenggara mengatakan,” Acara Kirab ini merupakan acara yang pertama kalinya di adakan oleh warga dusun Pandanwangi. “Kegiatan acara tersebut rutin digelar setiap tahun, yakni setiap selesai musim panen padi yang  kedua,”tambah Purnomo.

Selaku tokoh masyarakat desa Pandanwangi Iwan Darmawan yang akrab di sapa Gus Iwan kepada awak media mengatakan,” Sudah semestinya kita menjaga tradisi Sedekah bumi agar tetap lestari,jangan sampai budaya ini musnah akibat tergerus perkembangan jaman. “Selain menjaga tradisi kita juga harus melestarikan kerukunan yang dikemas dalam acara budaya adiluhung ini,”tambah Gus Iwan.

Sementara itu Haris Kepala Desa Pandanwangi mengatakan,” Acara sedekah Dusun ini bertujuan diadakannya acara kirab budaya sedekah bumi ini adalah salah satu cara  dalam menjalin komunikasi dan silaturahmi sesama warga, selain itu juga untuk melestarikan dan merawat tradisi budaya yang ada dengan semangat gotong royong dan guyub rukun,”Paparnya

Rute yang ditempuh cukup panjang yakni sekitar dua kilometer mulai dari makam sesepuh  Desa Pandanwangi (cikal bakal berdirinya desa) sampai rumah Kepala Dusun setempat. Berberapa warga yang ditemui media menyampaikan rasa bangga dan senang dengan adanya acara seperti ini ,semoga acara ini lebih baik dan semarak lagi di kedepanya nantinya.

Diakhir acara tokoh agama setempat membacakan do’a untuk keselamatan desa dan warga masyarakat desa Pandan wangi dan di lanjutkan dengan diperebutkanya gunungan hasil bumi oleh warga setempat yang.(Ary/Yud).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here