Disnakertrans Jatim Bersama BPJS Ketenagakerjaan Bentuk Timwas Terpadu

0
78

SURABAYA, SINAR POS – Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Jawa Timur (Jatim) bekerjasama dengan BPJS Ketenaga kerjaan membentuk tim pengawasan terpadu di Hotel Haris Surabaya Rabo (25/7).

Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Jatim, Setiajid, mengatakan, hari ini melakukan pembentukan tim pengawasan terpadu antara disnakertrans dengan Bpjs ketenagakerjaan untuk  melakukan pengawasan serentak untuk 72  perusahaan yang mengikut  sertakan karyawannya BPJS ketenagakerjaan sebagian saja, 

72 perusahaan ini di beberapa kabupaten kota dan mulai hari ini kita  akan lakukan pengawasan serentak. Terus menerus sudah 72, pada saatnya nanti seluruh perusahaan. Terhadap perusahaan perusahaan yang melanggar norma norma ketenagakerjaan khususnya BPJS ketenagakerjaan, nanti akan kita tindak. Mestinya harus mengikutkan secara keseluruhan tenaga kerjanya melaporkan sesuai upah yang dibayarkannya, mengikutsertakan seluruh program, BPJS itu yang akan kita kerjakan ujarnya.

Untuk BPJS ada 2 sanksi, administratif, misalkan dia melakukan tindakan melawan hukum undang undang no 13/2003, sangsinya bisa dipidana. Misalnya dipalsukan, tenaga kerja hanya sebagian, itu di pidana. Selama ini sudah ada lima dari Sembilan perusahaan kita tingkatkan menjadi penyidikan, di lingkup ring satu. Misalnya di ring satunya ada yang melanggar akan kita lakukan tindakan tegas.

“Di jatim sudah 1,670,000an tenaga kerja yang diikutkan BPJS ketenagakerjaan, dari  570.902 perusahaan  di  jatim” tuturnya.(Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here