MESKI DILERENG GUNUNG, DESA KALIPANG TANGGUH DAN TANGGAP BENCANA

0
39

KEDIRI, SINAR POS

Desa Kalipang Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri secara geografis terletak di lereng Gunung Wilis. Melihat besarnya potensi bencana yang terjadi di daerah ini, dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk selalu waspada dan tanggap bencana. “Tidak salah jika BPBD Kabupaten Kediri mengikutsertakan Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Kalipang dalam Lomba Desa Tangguh Bencana Provinsi Jawa Timur 2018,” jelas R. Randy Agatha Plt.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kediri. Di hadapan para juri Randy memaparkan ancaman bencana yang sering terjadi di Kabupaten Kediri khususnya Kalipang adalah banjir, longsor, kebakaran, dan kekeringan (12/7).

Yang terpenting ancaman apa yang terjadi di desanya masing-masing masyarakat sudah mengetahuinya sendiri. BPBD Kabupaten Kediri memfasilitasi apa yang dibutuhkan oleh TSBD, misalnya bantuan tenaga, pikiran dan pelatihan serta sosialisasi kepada masyarakat bagaimana cara menanggulangi bencana.

Sinergitas dari seluruh elemen masyarakat merupakan suatu rangkaian yang tidak bisa dipisahkan. Jangan hanya waktu ada bencana, tetapi harus siap siaga kapan pun. Pembentukan TSBD, Sister Villages, Sekolah tanggap dan tangguh bencana adalah program kami.

Ketua tim juri Drs. Bambang Agus Legowo setelah melaksanakan penilaian mengatakan TSBD Kalipang secara umum sangat luar biasa. Masyarakatnya sangat tanggap dan tangguh dalam penanggulangan Bencana. “Itu terlihat saat mereka melaksanakan simulasi tanggap bencana. Mereka sudah mengetahui apa yang harus dilakukan dari masing-masing anggota saat bencana datang. Mereka sangat kompak memberikan perawatan pertama pada korban,” katanya. “Pesan saya lomba ini jangan dijadikan tolak ukur, tetapi jadikan ini sebagai motivasi bahwa desa ini selalu siap siaga menghadapi bencana yang datang secara tiba-tiba,” tambahnya. (AD/KOM/KAB/AN)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here