SITUASI LEMBAGA PEMASYARAKATAN SIDOARJO

0
43

Sidoarjo, Sinar Pos

Dengan melihat maraknya kasus kriminal di berbagai daerah di Indonesia memicu rasa keingintahuan sebagaian masyarakat tentang bagaimana situasi di dalam Lembaga Pemasyarakatan ( LP ) Sidoarjo yang merupakan tempat persinggahan sementara bagi para narapidana selama menjalani pidana . Apakah mereka masih bisa melakukan tindakan kriminal di dalam Lembaga Permasyarakatan tersebut.

Dengan pengawasan dan penjagaan yang sangat ketat bagi para pengunjung , barang bawaan yang mereka bawa harus di kontrol dengan teliti membuktikan bahwa para narapidana tidak bisa melakukan tindakan kriminal selama berada di dalam LembagaPemasyarakatan Sidoarjo.

Selain itu Lapas Sidoarjo yang seharusnya hanya mampu menampung 350 narapidana namun karena terlalu banyaknya tindak kriminal maka membuat bertambahnya narapidana yang harus mendekam di Lapas Sidoarjo. Total narapidana yang berada di LP Sidoarjo kurang lebih 1000orang termasuk narapidana titipan dari polsek & polres.Meskipun dalam setiap bulannya ada sekitar 50-70 narapidana yang sudah boleh pulang karena masa pidana sudah habis tetapi tetap saja ruang tahanan masih melebihi kapasitas.Plh.Ka.KPLP Sidoarjo Ma’ruf mengatakan “ruang tahanan narapidana harusnya di pisah sesuai golongan & kasusnya namun karena keterbatasan tempt ada yang di campur dengan narapidana yang lain.Akan tetapi walaupun narapidana melebihi kapasitas namun kondisi di Lapas Sidoarjo tetap aman & kondusif.Mereka masih bisa di bina dengan baik.”ujarnya

Melihat kasus narapidana yang berbeda-beda maka berbeda pula lama pidana yang harus ┬ámereka jalani selama di Lapas. .Bahkan untuk mendapatkan remisi setiap narapidana berbeda – beda tergantung dari jumlah pidana yang sudah di jalani dan juga dari perilaku selama mendapatkan pembinaan ” Misalnya kasus narkoba merupakan pidana khusus maka harus menjalani 1/3 masa pidananya baru di usulkan untuk mendapatkan remisi.” kata ka.KPLP Ma’rif ,” berbeda dengan pidana umum.”Ungkapnya.( Awi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here