Nanang, Kita lebih Banyak Mengolah Air Sungai Dari Pada Air Yang Sudah Jadi.

0
44

SURABAYA, SINAR POS

Perusahaan Daerah Airminum (PDAM) Kota Surabaya selenggarakan Bimbingan Teknis Kepada para pegawainya  dengan peserta sebanyak 40 orang di Hotel Grand Surabaya 9 – 13 Juli 2018.

Manager Senior Pemeliharaan, Nanang Widiatmoko ST,   Mengatakan, ini  pelatihan management muda, untuk mempersiapkan supervicer untuk lebih siap nantinya menjadi manager, jadi manager ini kan harus punya kompetensi-kompetensi tertentu yang harus dimiliki, supaya benar-benar memang kompetensinya ada sehingga nanti ketika bekerja, sebagai manager, mereka sudah siap. Jadi ada kemampuan untuk komunikasi, kemampuan untuk dikenalkan ke unit yang lain, disini ada dari pelayanan pelanggan, ada dari berbagai macam, ada  keuangan, mereka di didik,  mulai dikenalkan, yang keuangan dikenalkan dengan produksi, distribusi,  pemeliharaan, jadi intinya mereka belajar yang ada diluar scoop mereka. Karena  ketika sampai ke manager, itu sisi managerialnya harus  punya skil-skil, Dia mengetahui samping-sampingnya seperti apa, jadi nanti bila mau memutuskan sesuatu itu yang diputuskan tidak Cuma yang berkaitan dengan leadernya saja, tapi juga memperhitungkan yang lainnya, jadi  lebih komprehensip, ujarnya.

Dikatakan Nanang, nanti terahirnya ada uji kompetensi,   acara ini  empat hari, tiga hari  untuk pelatihannya, untuk terahirnya uji kompetensi, jadi begitu  berhasil, lulus, akan mendapatkan sertifikat  management muda. Tahapan berikutnya, tinggal implementasi dari teman-teman itu sendiri karena ini  tiga hari untuk belajar,  untuk mengenal samping-sampingnya kan terlalu pendek, tidak mungkin tahu mendalam, untuk tahu dalam setidaknya dari yang tiga hari ini mereka bisa melanjutkan lagi, nanti sambil learning by doing (belajar sambil bekerja), jadi setidaknya mereka mulai dikenalkan, karena selama  ini mereka kan supervicer  semua, supervicer itu masih dituntut untuk teknis tertentu,  mereka sudah mulai disiapkan  untuk tidak hanya mengenal teknis tertentu saja, tapi untuk mengenal  yang lain, keuangan juga harus mengenal operasional, pemeliharaan, komunikasi. Sebaliknya  yang dari pemeliharaan harus mengenal keuangan, katanya.

“Team penguji  dari LSP AMI, jadi lembaga sertifikasi profesi ada, tidak bisa sembarangan kita nguji,”

Langkah kedepan PDAM harus selalu  meningkatkan kompetensi di jajarannya, supaya kedepan kita bisa bekerja secara professional, bisa memberikan pelayanan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik, jadi kalau kita pengalaman, dengan management yang professional itu, menyelesaikan segala sesuatunya mudah karena wawasannya banyak.

Nanang menambahkan, kita dapat air dari umbulan, 150 liter per detik, saat ini, tapi nanti 2019 kita akan dapat tambahan dari umbulan 150 liter per detik, sekarang masih membangun dihulunya sana, sisanya produksi yang 11.000 dari instalasi air minum kita sendiri, kita punya 6, 3 di ngagel, 3 di karang pilang. Jadi sebenarnya kita lebih banyak mengolah air sungainya daripada dapat air yang sudah jadi. Umbulan letaknya jauh sekali, untuk mengirim kesini (Surabaya), coastnya mahal sekali terus membangun pipa lewat  beberapa wilayah, itu yang harus di tempuh.  Umbulan itu ranahnya di Provinsi. PDAM ini sebagai user saja. Untuk pemakaian dari umbulan kita ditanya (meeting), Surabaya butuh berapa, gresik butuh berapa, sidoarjo butuh berapa, itu sepertinya investor. Dulu belum ada campur tangan pemerintah, sekarang sudah ada campur tangan pemerintah tutur Nanang. (Nwi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here