Halal Bihalal bersama BKAD Serta Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa

0
38

Nganjuk, Sinar Pos

HARI Minggu 8 juli 2018 Pukul 10.00 Wib, Pj.Bupati Nganjuk menghadiri acara halal bihalal yang diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan desa bertempat di Pendopo Monumen Dr. Soetomo Desa Ngepeh Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.

Dengan bertemakan “Jabat Erat Saling Memaafkan dalam Bingkai Persaudaraan Persatuan dan Kasih Sayang”, acara diawali dengan Laporan awal oleh Ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Johansyah. Beliau menyampaikan apa yang menjadi maksud serta tujuan diselenggarakannya Halal Bihahal tersebut yakni untuk bersilaturahmi agar dapat menciptakan kerukunan dan persaudaraan antar asosiasi, serta memberikan informasi tentang perkembangan kegiatannya di beberapa kecamatan salah satunya unit pengelola kegiatan. “Mari kita tingkatkan koordinasi dalam bekerja sehingga amanah untuk membangun daerah yang dibebankan kepada kita bisa dijalankan dengan rasa penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dra. Widarwati D., dalam sambutanya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Halal Bihalal yang dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) bersama seluruh Asosiasi lainnya, dan mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Serta menyampaikan apresiasi terhadap Unit Pengelola Kegiatan (UPK) di 17 Kecamatan yang telah berkembang dengan pendapatannya mencapai 65 M. Harapanya kepada UPK di 3 Kecamatan lainnya yang aktivitasnya menurun agar dapat melaksanakan pembinaan terhadap asosiasinya.

Pj.Bupati Nganjuk dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Nganjuk telah mengatur Perda dan Perbub tentang UPK sehingga pendapatanya sampai terhimpun 65 M dari 17 Kecamatan. Akan tetapi terdapat 3 Kecamatan yang aktivitasnya menurun, terkait hal ini Bupati berharap 3 Kecamatan tersebut bisa mengembangkan lagi UPKnya. “Tolong lebih dikembangkan lagi, bisa dikembangkan dari sektor jasa, perdagangan serta pertanian, bukan hanya simpan pinjam saja,” ungkapnya.

Pj.Bupati menambahkan, UPK di 17 Kecamatan agar dapat menyerap tenaga kerja sehingga dapat menciptakan kesejahteraan disetiap daerah, serta di kecamatan yang aktivitasnya menurun agar dapat melaksanakan rembuk perencanaan di tingkat desa sampai kecamatan, “kita padukan hati nurani kita untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada, saya mengapresiasi kegiatan seperti ini bisa dikemas dalam acara Halal Bihalal, semoga kita mendapatkan Barokah keberhasilan serta kesehatan,” pungkasnya.

Usai memberikan Sambutan, acara dilanjutkan dengan tausiyah dari KH. Maftuh Syarif Hidayatulah dengan mengajak seluruh tamu undangan bersholawat, serta menyampaikan hikmah halal bihalal diantaranya dapat menyelesaikan masalah serta dapat meluruskan hubungan yang terputus, dan melepaskan ikatan dosa dengan saling memaafkan, dan menjelaskan arti dari doa “Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar” (Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka)

Hadir dalam kegiatan halal Bihalal tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra Lies Nurhayati, SH., Sekretariat Bersama Perlindungan dan Pelestarian Kabupaten Nganjuk, Asosiasi Badan Kerjasama Antar Desa, Asosiasi Badan Pengawas, Asosiasi Unit Pengelola Kegiatan Asosiasi Bumdesmas serta Asosiasi Tim Verifikasi.(Agung)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here