Tingkatkan Minat Baca, Perpusnas RI Gelar Safari Pembudayaan Gemar Membaca

0
33

Sidoarjo, Sinar Pos

Dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat, Perpustakaan Nasional bersama Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menggelar acara Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo (2/7).

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah S.H., M.Hum, mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan ini, minat baca sejak kecil untuk memperluas pengetahuan sangat perlu ditingkatkan, untuk itulah kegiatan ini diselenggarakan, “Mari kita bersama-sama menggelorakan kembali dan melakukan langkah serius agar masyarakat gemar membaca” ajaknya.

Kepala pusat preservasi bahan pustaka Drs. Ahmad Masykuri, SS, MM. mewakili Kepala Perpustakaan Nasional RI menyampaikan dalam sambutannya minat baca di Indonesia sangat rendah. “Maka dari itu, kegiatan safari ini merupakan upaya pemerintah pusat bekerjasama dengan dewan dan pemerintah daerah untuk membangkitkan lagi minat baca di Indonesia, disini, kita bisa saling berbagi tentang bagaimana cara-cara yang ampuh untuk menaikkan minat baca” ungkapnya.

Usai dibuka Bupati Sidoarjo, acara dilanjutkan dengan talkshow bertema “Implementasi Revolusi Mental Melalui Mobilisasi Pengetahuan dalam rangka Meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat”. Anggota Komisi X DPR RI Arzeti Bilbina, SE, M. AP.  yang saat itu juga hadir sebagai narasumber menambahkan, dalam proses memajukan kegemaran minat baca pada anak maka dirinya bersama kawan-kawan di komisi X mempunyai komitmen kuat untuk mengawal literasi baca, “Salah satunya dengan meningkatkan anggaran, untuk itu saya berharap dan berpesan kepada masyarakat untuk bisa mencintai dan menghargai buku. Karena buku adalah jendela dunia yang dapat menambah wawasan anak” harapnya.

Pada acara itu diserahkan juga penghargaan kepada para pemenang lomba menulis artikel tentang Sidoarjo yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo. Juara pertama pada lomba ini dimenangkan oleh Rolis Awang Widodo dengan judul tulisannya “Reog Cemandi Kesenian Pinggiran Kebanggan Sidoarjo”. (znr/kominfo)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here