Warga Malah Berbondong-bondong Coblos Ulang Di Salah Satu TPS Di Kediri

0
29

KEDIRI, SINAR POS

Desa Susuhbango, Kec. Ringinrejo Kab.Kediri terpaksa melakukan Pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Jatim 2018 Minggu (1/6).

Pemungutan suara ulang ini dilakukan karena sesuai rekomendasi Panwaslu ditemukan beberapa warga luar kota yang dilayani mencoblos dengan hanya menggunakan KTP elektronik tanpa disertai Formulir A5-KWK.

Ternyata masyarakat di TPS 04 yang melakukan coblos ulang juga tidak merasa keberatan datang ke TPS lagi,mereka justru sangat senang dan antusias datang ke TPS karena pihak KPPS setempat memberikan doorprize berupa sepeda gunung, pesawat televisi dan sejumlah peralatan masak-memasak (dapur) lainnya.

Buktinya sebnyak 471 pemilih di TPS 04 Susuhbango yang ada di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah antusias berdatangan sejak pagi-pagi. “Ini memang salah satu upaya KPPS TPS 04 Susuhbango untuk menggerakkan animo pemilih dalam PSU,” ujar Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito.

Umumnya warga mengaku PSU itu tidak mengganggu aktivitas mereka dan malah menganggapnya sebagai hiburan tambahan. Sehingga mereka tetap datang ke TPS untuk kembali menyalurkan hak pilihnya di Pilgub Jatim. “Apalagi ada doorprize -nya,” tambahnya.

Perlu diketahui, bahwa di seluruh Jatim terdapat lima daerah yang menggelar PSU secara serentak untuk Pilgub Jatim dan Pilbup setempat, hari (Minggu) itu. Untuk Pilgub Jatim ada di Kediri, Surabaya dan Blitar.

Sedangkan untuk Pilbup ada di Jombang dan Bangkalan, Madura. Untuk pilgub kasusnya sama dengan pilbup, yakni ada satu orang memberikan masing-masing dua suara dan ada pemilih di luar DPT tanpa dilampiri Formulir A5-KWK. “Ini hanya kesalahan administratif. Tidak ada unsur kesengajaan,”tambahya (an/lh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here