Stadion Gelora Delta Sidoarjo Tempat Laga Piala AFF U16 dan U19

0
273

Sidoarjo, Sinar Pos

Indonesia menjadi tuan Piala AFF U16 dan U19 tahun ini. Ada 11 negara yang ikut dalam kompetisi sepak bola tingkat Asia Tenggara tersebut. Diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, Laos, Singapura, Brunei Darussalam, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.

Piala AFF U19 akan digelar mulai tanggal 1-14 Juli mendatang. Sedangkan U16 akan berlangsung tanggal 29 Juli sampai 11 Agustus 2018 mendatang. Stadion Gelora Delta Sidoarjo akan dijadikan tempat pertandingan. Selain itu juga diselenggarakan di stadion Gelora Joko Samudro Gresik. Dua stadion tersebut merupakan venue utamanya dua laga tersebut.

Timnas Indonesia U19 berada di grop A bersama Thailand, Singapura, Vietnam, Laos dan Filipina. Sedangkan grop B di isi oleh Malaysia, Myanmar, Kamboja, Brunai Darussalam dan Timor Leste. Skuad Garuda muda U16 juga berada di grup A  bersama Myanmar, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina. Sementara di Grup B di isi Malaysia, Thailand, Laos, Singapura dan Brunei Darussalam.

Kemarin malam, Jumat, (29/6), kedatangan para pemain Timnas dari berbagai negara tersebut disambut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum di Pendopo Delta Wibawa. Kedatangan mereka bersama Wakil Presiden AFF Joko Driyono serta Ketua Delegasi AFF Mr. Ponangso. Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji serta Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan dan Sekda Sidoarjo H. Achmad Zaini ikut hadir dalam penyambutannya malam itu.

Bupati Sidoarjo mengucapkan selamat datang kepada peserta dan official tim sepak bola piala AFF di Kabupaten Sidoarjo. Ia bangga Kabupaten Sidoarjo ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaannya. Ia katakan pelaksanaan piala AFF di Kabupaten Sidoarjo menjadi suatu kehormatan bagi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Ia berharap rangkaian kegiatan pelaksanaan di Kabupaten Sidoarjo nantinya dapat membawa kesan dan pengalaman yang menarik bagi tim sepak bola di masing-masing negara.

“Selaku pimpinan daerah, saya merasa senang dan bangga atas terselenggaranya kegiatan tournament sepak bola piala AFF U16 dan U19 yang diikuti 11 negara ASEAN ini,”ucapnya.

Bupati Sidoarjo mengatakan pelaksanaan AFF di Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu wujud komitmen Pemkab Sidoarjo dalam ikut serta memajukan dunia olah raga di tanah air. Untuk itu ia berharap seluruh pihak ikut mendukung terlaksananya tournament sepak bola seperti ini. Ia meminta semua pihak menjaga kondusifitas dan keamanan selama pelaksanaan piala AFF berlangsung.

Saiful Ilah berharap penyelenggaraan piala AFF dapat dijadikan ajang promosi pariwisata dan produk-produk UMKM Sidoarjo. Dengan begitu, pariwisata dan produk-produk UMKM Sidoarjo dapat dikenal luas di negara-negara ASEAN.

Pada kesempatan tersebut ia berpesan kepada peserta piala AFF untuk menjunjung tinggi sportifitas olahraga. Rasa persaudaraan dan kebersamaan dimintanya dapat ditingkatkan dalam ajang seperti ini.

Sementara itu Wakil Presiden AFF Joko Driyono mengatakan piala AFF merupakan ajang persiapan  Indonesia menyongsong piala AFC U19. Tournament internasional tersebut akan diselenggarakan di Jakarta pada Oktober 2018 mendatang. Untuk itu ia berharap PSSI nantinya dapat menjadi tuan rumah yang baik dengan suksesnya penyelenggaraan piala AFF. Dalam kesempatan tersebut ia ucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang mendukung pelaksanaan piala AFF. Ia katakan untuk kali kedua Kabupaten Sidoarjo menjadi tempat terlaksananya even besar olahraga sepak bola.

“Ini kesempatan yang kedua bagi Sidoarjo menyelenggarakan even besar kelas IFF, sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada pak Saiful, masyarakat Sidoarjo, Surabaya untuk dukungannya,”ucapnya.

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria yang turut hadir mengatakan laga pertama piala AFF U19 antara Timnas Indonesia dengan Timnas Laos. Laga tersebut diselenggarakan di stadion Gelora Delta Sidoarjo. Panitia sudah membuka tiket penyelenggaraan. Ada 16.900 tiket yang disediakan. Ia katakan kualifikasi grop akan berakhir di tanggal 9 Juli. Tanggal 12 Juli laga semi final dan 14 Juli  final piala AFF U19 yang diselenggarakan di stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Ketua PPSI Jawa Timur Acmad Riyadh yang juga hadir berharap dukungan seluruh masyarakat demi suksesnya penyelenggaran piala AFF. Ia katakan tournament tersebut bukan  pekerjaannya Jawa Timur, melainkan bangsa Indonesia. Untuk itu ia meminta seluruh masyarakat dapat menjaga harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata dunia. “Kita berharap masyarakat mendukung penuh dari semua sisi,”ucapnya (Zanuar)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here